PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELASVII SMP

Authors

  • Foti Vera IKIP PGRI Pontianak
  • Rini Agustina IKIP PGRI Pontianak
  • A A Alimin IKIPPGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/eduindo.v1i1.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan
keterampilan berbicara pada materi menceritakan kembali is legenda siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sebawi Kabupaten Sambas. Metode yang digunakan adalah metode experimental design, rancangan penelitian one group-pretest-postest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 siswa. Instrumen untuk mengukur hasil belajar dengan jumlah 1 soal. Dari hasil pengolahan data, diperoleh informasi bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen pretest adalah 62,71 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen posttest adalah 75,75. Berdasarkan uraian tersebut dari hasil uji-t didapat hasil perhitungan memperhitungkan (?)=5% atau 0,05 maka hipotesis diterima. Hal ini karena tingkat signifikan (?) atau thitung 5.492> ttabel. 2,068 hal ini berari Ha diterima, terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap keterampilan berbicara pada materi menceritakan kembali isi legenda. Hasil hitungan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 5.492 dan ttabel (?=5% dan db=n-24 siswa=23 sebesar 2,068 karena thitung pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap keterampilan berbicara pada materi menceritakan kembali isi legenda. Hasil hitungan Effect size Es> 1.8 = 1.8 > 1.0 = tergolong tinggi. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam keterampilan berbicara pada materi menceritakan kembali isi legenda siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sebawi Kabupaten Sambas.

Kata Kunci: Keterampilan Berbicara dan Menceritakan Kembali Isi Legenda

References

Alimin, A. A., Hariyadi, H., & Safrihady, S. (2017). Sikap Bahasa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris terhadap Bahasa Indonesia. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(1), 36-40.

Nasucha, Yakub (2014). Bahasa Indonesia(untuk karya tulis ilmiah).Yogyakarta.Yuma Pressindo.

Nanang Heryana, D, L. (2017:112)” Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Di Smp Negeri 13 Pontianak, 2(6), 112-118.

Simarmata, M, Y. (2017:4) .“Keterampilan Berbicara Menjadi Sebuah Profesi”. Jurnal pendidikan bahas, 6(1), 1-9.

Tarigan, Guntur Henry. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung Angkasa.

Huda,M. (2013). Model Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono, (2013). Metode penelitian pendidikan(pendekatan kuantitatif kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabet.

Suharyanti. (2011). Pengantar Keterampilan Berbicara. Surakarta:Yuma Pustaka.

Kasim, Ahmad & Mariona. (2017) .”Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Dalam Kemampuan Membaca Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ipa Man 1 Makassar”. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra 1 (2), 147-155.

Downloads

Published

2020-06-15

Issue

Section

Vol.1 No.1 (2020)

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELASVII SMP. (2020). EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.31571/eduindo.v1i1.4
Abstract viewed = 413 times

Most read articles by the same author(s)