PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELASVII SMP
DOI:
https://doi.org/10.31571/eduindo.v1i1.4Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan
keterampilan berbicara pada materi menceritakan kembali is legenda siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sebawi Kabupaten Sambas. Metode yang digunakan adalah metode experimental design, rancangan penelitian one group-pretest-postest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 siswa. Instrumen untuk mengukur hasil belajar dengan jumlah 1 soal. Dari hasil pengolahan data, diperoleh informasi bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen pretest adalah 62,71 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen posttest adalah 75,75. Berdasarkan uraian tersebut dari hasil uji-t didapat hasil perhitungan memperhitungkan (?)=5% atau 0,05 maka hipotesis diterima. Hal ini karena tingkat signifikan (?) atau thitung 5.492> ttabel. 2,068 hal ini berari Ha diterima, terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap keterampilan berbicara pada materi menceritakan kembali isi legenda. Hasil hitungan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 5.492 dan ttabel (?=5% dan db=n-24 siswa=23 sebesar 2,068 karena thitung pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap keterampilan berbicara pada materi menceritakan kembali isi legenda. Hasil hitungan Effect size Es> 1.8 = 1.8 > 1.0 = tergolong tinggi. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam keterampilan berbicara pada materi menceritakan kembali isi legenda siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sebawi Kabupaten Sambas.
Kata Kunci: Keterampilan Berbicara dan Menceritakan Kembali Isi Legenda
References
Alimin, A. A., Hariyadi, H., & Safrihady, S. (2017). Sikap Bahasa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris terhadap Bahasa Indonesia. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(1), 36-40.
Nasucha, Yakub (2014). Bahasa Indonesia(untuk karya tulis ilmiah).Yogyakarta.Yuma Pressindo.
Nanang Heryana, D, L. (2017:112)” Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Di Smp Negeri 13 Pontianak, 2(6), 112-118.
Simarmata, M, Y. (2017:4) .“Keterampilan Berbicara Menjadi Sebuah Profesi”. Jurnal pendidikan bahas, 6(1), 1-9.
Tarigan, Guntur Henry. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung Angkasa.
Huda,M. (2013). Model Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono, (2013). Metode penelitian pendidikan(pendekatan kuantitatif kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabet.
Suharyanti. (2011). Pengantar Keterampilan Berbicara. Surakarta:Yuma Pustaka.
Kasim, Ahmad & Mariona. (2017) .”Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Dalam Kemampuan Membaca Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ipa Man 1 Makassar”. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra 1 (2), 147-155.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This journal allows reuse and remixing of its content, in accordance with a CC BY SA 4.0. This license lets others distribute, remix, tweak, and build upon your work, even commercially, as long as they credit you for the original creation.