PENERAPAN STRATEGI THE POWER OF TWO TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMP

Wika Sri Bulandari, Rini Agustina, Hariyadi Hariyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan  strategi the power of two terhadap keterampilam menulis cerpen pada siswa kelas VII SMP. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk penelitian true exsperimental design dan rancangan penelitian Posttest-Only Control design. Populasi penelitian  kelas  VII  SMP Negeri 4 Satu Atap Kembayan untuk sampel ada 2 kelas yaitu kelas kontrol VII B dan kelas eksperimen VII A. Peneliti menggunakan cluster random sampling. Data penelitian ini diambil melalui tes uraian dalam bentuk essai. Uji keabsahan instrument yaitu menggunakan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan yatitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) keterampilan menulis cerpen pada kelas kontrol  rata-rata skor 63,75 dan dapat dikategorikan cukup. 2) keterampilan menulis cerpen pada kelas eksperimen rata-rata skor 76,67 dikategorikan baik. 3) pengaruh penerapan strategi the power of two terhadap keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Satu Atap Kembayan Kabupaten Sanggau memiliki pengaruh dengan taraf  signifikan  0,05, yaitu thitung = 4,68>2,07387 ttabel maka hipotesis alternatif dapat diterima.

 

Kata Kunci : The Power Of Two, Menulis,  Cerpen

 


Full Text:

Download PDF

References


Agustina, R., & Hariyadi, H. (2018). Penerapan Metode SQ3R dan Metode PQ3R terhadap Keterampilan Membaca pada Mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 69-80.

Naida, F. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran The Power Of Two (Kekuatan Dua Orang) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VII-B Smp Negeri 3 Tapung. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2(6), 850-855.

Ramaniyar, E., & Rosanti, K. (2018). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran The Power Of Two Terhadap Kemampuan Menulis Resensi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(2), 308-317

Semi. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Penerbit Angkasa.

Silberman. (2018). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.

Sanjaya, F. D., Agustina, R., & Wiranty, W. (2020). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SENGAH TEMILA. EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1).

Simarmata, M. Y., Agustina, R., Mastuti, D. L., Hartati, M., & Hajjafiani, D. (2020). PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN DI MADRASAH ALIYAH SIRAJUL ULUM KOTA PONTIANAK. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 186-191.

Winarti, M., & Febriyana, M. (2019). EKSPERIMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO PADA MATERI MENULIS DONGENG DARI HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UMSU. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 225-231.




DOI: https://doi.org/10.31571/eduindo.v2i2.106

DOI (Download PDF): https://doi.org/10.31571/eduindo.v2i2.106.g94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_________________________
 
EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN: 2746-3729 (online)
IKIP PGRI PONTIANAK
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Jalan Ampera No. 88 Pontianak. Kalimantan Barat
Telp : (0561) 748219
Fax : (0561) 6589855

EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License