MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SMAN 1 TP

Neneng Krismawati, Mai Yuliastri Simarmata, Hariyadi Hariyadi

Abstract


Skripsi ini berjudul “Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa dengan Menggunakan Media Lingkungan Sekitar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMAN 1 Tanah Pinoh”. Masalah umum yang dibahas dalam skripsi ini adalah “bagaimanakah meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa dengan menggunakan media lingkungan sekitar pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas X SMAN 1 Tanah Pinoh?”. Sedangkan sub masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah proses pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media lingkungan sekitar pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas X SMAN 1 Tanah Pinoh?, 2) Bagaimanakah hasil keterampilan siswa menulis puisi menggunakan media lingkungan sekitar pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X SMAN 1 Tanah Pinoh?.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media lingkungan sekitar pada kelas X SMAN 1 Tanah Pinoh. Secara khusus penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media lingkungan sekitar pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X SMAN 1 Tanah Pinoh. 2) mendeskripsikan hasil keterampilan siswa menulis puisi menggunakan media lingkungan sekitar pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X SMAN 1 Tanah Pinoh.

Bentuk penelitian ini penelitian tindakan kelas. Proses menulis puisi menggunakan Media Lingkungan Sekitar pada siswa kelas X IPS SMAN 1 Tanah Pinoh berjalan sesuai dengan rencana dan mengalami peningkatan pada setiap siklus hal ini dapat dilihat dari hasil observasi. Persentase hasil observasi guru dan siswa pada pra siklus guru 58,71 % dan observasi siswa mencapai 57,57% termasuk masih kurang. Pada siklus I hasil observasi guru dengan skor akhir 75% dikategorikan baik, dan hasil observasi siswa adalah 69,57%. Dari pra siklus sampai siklus I menurut observasi guru dan siswa mengalami peningkatan. Pada Siklus II observasi guru 80,42% kategori sangat baik dan observasi siswa 85,85% kategori sangat baik.

Hasil penelitian tindakan kelas ini hasil belajar siswa dalam materi keterampilan menulis puisi menggunakan Media Lingkungan Sekitar pada siswa kelas X SMAN 1 Tanah Pinoh pada siklusnya semakin meningkat dan mencapai nilai KKM yang telah ditentukan dari sekolah yaitu 70. Peningkatan ini dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata dan persentase peningkatan siswa sebelum dan sesudah penelitian. Sebelum dilakukan penelitian KKM menulis puisi dengan nilai rata-rata siswa 64,74 dengan persentase ketuntasan siswa 29,62%. Setelah dilakukan penelitian mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata siswa 65,14 dengan persentase ketuntasan 48,14% untuk siklus I. Pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 73,18 dengan persentase ketuntusan 77,77% sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran menulis puisi menggunakan Media Lingkungan Sekitar pada siswa kelas X ips SMAN 1 Tanah Pinoh mengalami peningkatan.

 

Kata kunci : Keterampilan menulis puisi dan media lingkungan sekitar


Full Text:

Download PDF

References


Dalman, H. 2018. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.

Hadari, Nawawi. 2001. Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada

Press.

Mesterianti, M., Simarmata, M. Y., & Firtawati, S. (2019). Penerapan Model Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(1), 98.

Nana Sudjana dan Ahmad Rifai. 2020. Media Pengajaran. Bandung: SBAlgensindo.

Nurgiyantoro, Burhan. 2017. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi Edisi Kedua. Yogyakarta:BPFE.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zuldafrial, dkk. 2016. Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta : Yuma Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.31571/eduindo.v2i2.101

DOI (Download PDF): https://doi.org/10.31571/eduindo.v2i2.101.g91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_________________________
 
EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN: 2746-3729 (online)
IKIP PGRI PONTIANAK
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Jalan Ampera No. 88 Pontianak. Kalimantan Barat
Telp : (0561) 748219
Fax : (0561) 6589855

EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License