MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII DALAM KURIKULUM MERDEKA DI DESA TERTINGGAL
Abstract
Abstrak
Analisis ini dilakukan untuk mengetahui media apa saja yang digunakan pada sekolah di desa tertinggal yang sudah menggunakan kurikulum merdeka. penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan cara melakukan observasi, wawancara kepada guru di sekolah tersebut, dan melihat temuan sebelumnya dari jurnal-jurnal. hasil dari penelitian ini ialah media yang digunakan di sekolah tersebut tidak bisa dikatakan tertinggal ada beberapa media yang maju namun dengan cara yang unik mediannya berupa komik digital, aplikasi canva, media visual diam, buku, dan media serbaneka. masing-masing media tersebut guru di sekolah tersebut memiliki cara unik dalam pengaplikasiannya dikarenakan terkendala aliran listrik, jaringan internet maupun akses jalan yang jauh dari kota.
Kata Kunci: komik digital, aplikasi canva, visual, internet, kurikulum merdeka
Full Text:
DOWNLOAD PDFReferences
Jaya, F. 2019. Perencanaan Pembelajaran.
Mahfud, C. (2018). Model pembelajaran pendidikan multikultural dalam pelajaran ips di sekolah kreatif sd muhammadiyah 20 surabaya. TADARUS, 3(1), 1-15.
Latip, A. E. 2021. Perencanaan Pembelajaran konsep dan konstruk dalam Pembelajaran Tematik. CV Mutiara Galuh.
Indriyani, L. (2019, May). Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 17-26).
Sanjaya, Wina, 2013, Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta, Kencana Prenada Media Group.
Audie, N. 2019. Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595).
Nurrita, T. 2018. Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Asna, M. M., & Pratama, H. 2022. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA Melalui Strategi Media Gambar di MI Sabilul Muttaqin Mojokerto. EL-AULADY| Kajian Pendidikan Dasar Madrasah, 1(1), 21-32.
Daulae, T. H. 2019. Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Menuju Peningkatan Kualitas Pembelajaran. In Forum Paedagogik (Vol. 10, No. 1, pp. 52-63). IAIN Padangsidimpuan
Tafonao, T. 2018. Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.
Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif.
N, Farida (2014). Metode penelitian kualitatif dalam penelitian Bahasa. Surakarta
DOI: https://doi.org/10.31571/eduindo.v4i1.488
DOI (DOWNLOAD PDF): https://doi.org/10.31571/eduindo.v4i1.488.g168
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License