MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII DALAM KURIKULUM MERDEKA DI DESA TERTINGGAL

syahrul odo pamula, Mai Yuliastri Simarmata

Abstract


Abstrak

Analisis ini dilakukan untuk mengetahui media apa saja yang digunakan pada sekolah di desa tertinggal yang sudah menggunakan kurikulum merdeka. penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan cara melakukan observasi, wawancara kepada guru di sekolah tersebut, dan melihat temuan sebelumnya dari jurnal-jurnal. hasil dari penelitian ini ialah media yang digunakan di sekolah tersebut tidak bisa dikatakan tertinggal ada beberapa media yang maju namun dengan cara yang unik mediannya berupa komik digital, aplikasi canva, media visual diam, buku, dan media serbaneka. masing-masing media tersebut guru di sekolah tersebut memiliki cara unik dalam pengaplikasiannya dikarenakan terkendala aliran listrik, jaringan internet maupun akses jalan yang jauh dari kota.

Kata Kunci: komik digital, aplikasi canva, visual, internet, kurikulum merdeka


Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Jaya, F. 2019. Perencanaan Pembelajaran.

Mahfud, C. (2018). Model pembelajaran pendidikan multikultural dalam pelajaran ips di sekolah kreatif sd muhammadiyah 20 surabaya. TADARUS, 3(1), 1-15.

Latip, A. E. 2021. Perencanaan Pembelajaran konsep dan konstruk dalam Pembelajaran Tematik. CV Mutiara Galuh.

Indriyani, L. (2019, May). Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 17-26).

Sanjaya, Wina, 2013, Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta, Kencana Prenada Media Group.

Audie, N. 2019. Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595).

Nurrita, T. 2018. Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Asna, M. M., & Pratama, H. 2022. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA Melalui Strategi Media Gambar di MI Sabilul Muttaqin Mojokerto. EL-AULADY| Kajian Pendidikan Dasar Madrasah, 1(1), 21-32.

Daulae, T. H. 2019. Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Menuju Peningkatan Kualitas Pembelajaran. In Forum Paedagogik (Vol. 10, No. 1, pp. 52-63). IAIN Padangsidimpuan

Tafonao, T. 2018. Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.

Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif.

N, Farida (2014). Metode penelitian kualitatif dalam penelitian Bahasa. Surakarta




DOI: https://doi.org/10.31571/eduindo.v4i1.488

DOI (DOWNLOAD PDF): https://doi.org/10.31571/eduindo.v4i1.488.g168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_________________________
 
EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN: 2746-3729 (online)
IKIP PGRI PONTIANAK
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Jalan Ampera No. 88 Pontianak. Kalimantan Barat
Telp : (0561) 748219
Fax : (0561) 6589855

EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License