MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SENGAH TEMILA

Authors

  • Fransiska Dewi Sanjaya
  • Rini Agustina
  • Wiendi Wiranty

DOI:

https://doi.org/10.31571/eduindo.v1i1.10

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Metode Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sengah Temila”. Berdasarkan hasil penelitian siklus I dan II menunjukan bahwa penerapan metode picture and picture untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sengah Temila adalah sebagai berikut: Hasil pengamatan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran pada siklus I terjadi peningkatan, yaitu sebesar 69,04% kategori cukup. Selanjutnya terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus II yaitu sebesar 89,28% kategori baik. Pada hasil pengamatan kemampuan siswa Pada siklus I terjadi peningkatan yaitu sebesar 66,6% kategori cukup. Selanjutnya terjadi peningkatan lagi pada siklus II sebesar 86,1% kategori baik. Perbandingan nilai hasil belajar siswa pada pembelajaran menulis teks berita dengan metode picture and picturepadasiklus I saat dilakukannya tindakan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 23,72dengan persentase ketuntasan klasikalnya 42%. Sedangkan untuk siklus II semakin meningkat dengan nilai rata-rata siswa yaitu 27,92dengan persentase ketuntasan klasikalnya 86%.

 

Kata kunci: Keterampilan Menulis, Teks Berita, Picture and Picture.

References

Aries, Erna Febru.dkk. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Media Publishing

Arikunto, Suharsini.(2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Chaer, Abdul. (2010). Bahasa Jurnalistik. Jakarta: Rineka Cipta

Fauziah, Tati. Bermawi, Yoserizal. (2014). Penerapan Model Kooperatif Tipe Picture and Picture pada Materi Peninggalan Sejarah di Sekolah Dasar Negeri Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. (Online), Jilid 5 No 3, (www.jurnal.unsyiah.ac.id)

Istarani. (2014). Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Nurgiyantoro, Burhan.(2010).Penilaian Pembelajaran Bahasa.Yogyakarta: Anggota IKAPI

Rohmadi, Muhammad.(2011). Jurnalistik Media Cetak.Surakarta: Cakrawala

Semi, M Atar. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Percetakan Angkasa

Suhaebah, Nur. (2014). Kemampuan Menulis Teks Berita pada Peserta Didik Kelas VIII MTs DDI Baseang. Jurnal Pepatuzdu. (Online), Jilid 7, No 1, (journal.lppm-unasman.ac.id)

Tarigan, Henry Guntur. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Zuldafrial, Muhammad Lahir. (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Downloads

Published

2020-07-06

Issue

Section

Vol.1 No.1 (2020)

How to Cite

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SENGAH TEMILA. (2020). EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.31571/eduindo.v1i1.10
Abstract viewed = 1676 times