MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SENGAH TEMILA

Fransiska Dewi Sanjaya, Rini Agustina, Wiendi Wiranty

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Metode Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sengah Temila”. Berdasarkan hasil penelitian siklus I dan II menunjukan bahwa penerapan metode picture and picture untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sengah Temila adalah sebagai berikut: Hasil pengamatan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran pada siklus I terjadi peningkatan, yaitu sebesar 69,04% kategori cukup. Selanjutnya terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus II yaitu sebesar 89,28% kategori baik. Pada hasil pengamatan kemampuan siswa Pada siklus I terjadi peningkatan yaitu sebesar 66,6% kategori cukup. Selanjutnya terjadi peningkatan lagi pada siklus II sebesar 86,1% kategori baik. Perbandingan nilai hasil belajar siswa pada pembelajaran menulis teks berita dengan metode picture and picturepadasiklus I saat dilakukannya tindakan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 23,72dengan persentase ketuntasan klasikalnya 42%. Sedangkan untuk siklus II semakin meningkat dengan nilai rata-rata siswa yaitu 27,92dengan persentase ketuntasan klasikalnya 86%.

 

Kata kunci: Keterampilan Menulis, Teks Berita, Picture and Picture.


Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Aries, Erna Febru.dkk. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Media Publishing

Arikunto, Suharsini.(2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Chaer, Abdul. (2010). Bahasa Jurnalistik. Jakarta: Rineka Cipta

Fauziah, Tati. Bermawi, Yoserizal. (2014). Penerapan Model Kooperatif Tipe Picture and Picture pada Materi Peninggalan Sejarah di Sekolah Dasar Negeri Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. (Online), Jilid 5 No 3, (www.jurnal.unsyiah.ac.id)

Istarani. (2014). Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Nurgiyantoro, Burhan.(2010).Penilaian Pembelajaran Bahasa.Yogyakarta: Anggota IKAPI

Rohmadi, Muhammad.(2011). Jurnalistik Media Cetak.Surakarta: Cakrawala

Semi, M Atar. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Percetakan Angkasa

Suhaebah, Nur. (2014). Kemampuan Menulis Teks Berita pada Peserta Didik Kelas VIII MTs DDI Baseang. Jurnal Pepatuzdu. (Online), Jilid 7, No 1, (journal.lppm-unasman.ac.id)

Tarigan, Henry Guntur. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Zuldafrial, Muhammad Lahir. (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.31571/eduindo.v1i1.10

DOI (DOWNLOAD PDF): https://doi.org/10.31571/eduindo.v1i1.10.g27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




_________________________
 
EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN: 2746-3729 (online)
IKIP PGRI PONTIANAK
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Jalan Ampera No. 88 Pontianak. Kalimantan Barat
Telp : (0561) 748219
Fax : (0561) 6589855

EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License