PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELASVII SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan
keterampilan berbicara pada materi menceritakan kembali is legenda siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sebawi Kabupaten Sambas. Metode yang digunakan adalah metode experimental design, rancangan penelitian one group-pretest-postest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 siswa. Instrumen untuk mengukur hasil belajar dengan jumlah 1 soal. Dari hasil pengolahan data, diperoleh informasi bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen pretest adalah 62,71 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen posttest adalah 75,75. Berdasarkan uraian tersebut dari hasil uji-t didapat hasil perhitungan memperhitungkan (α)=5% atau 0,05 maka hipotesis diterima. Hal ini karena tingkat signifikan (α) atau thitung 5.492> ttabel. 2,068 hal ini berari Ha diterima, terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap keterampilan berbicara pada materi menceritakan kembali isi legenda. Hasil hitungan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 5.492 dan ttabel (α=5% dan db=n-24 siswa=23 sebesar 2,068 karena thitung pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap keterampilan berbicara pada materi menceritakan kembali isi legenda. Hasil hitungan Effect size Es> 1.8 = 1.8 > 1.0 = tergolong tinggi. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam keterampilan berbicara pada materi menceritakan kembali isi legenda siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sebawi Kabupaten Sambas.
Kata Kunci: Keterampilan Berbicara dan Menceritakan Kembali Isi Legenda
Full Text:
DOWNLOAD PDFReferences
Alimin, A. A., Hariyadi, H., & Safrihady, S. (2017). Sikap Bahasa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris terhadap Bahasa Indonesia. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(1), 36-40.
Nasucha, Yakub (2014). Bahasa Indonesia(untuk karya tulis ilmiah).Yogyakarta.Yuma Pressindo.
Nanang Heryana, D, L. (2017:112)” Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Di Smp Negeri 13 Pontianak, 2(6), 112-118.
Simarmata, M, Y. (2017:4) .“Keterampilan Berbicara Menjadi Sebuah Profesi”. Jurnal pendidikan bahas, 6(1), 1-9.
Tarigan, Guntur Henry. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung Angkasa.
Huda,M. (2013). Model Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono, (2013). Metode penelitian pendidikan(pendekatan kuantitatif kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabet.
Suharyanti. (2011). Pengantar Keterampilan Berbicara. Surakarta:Yuma Pustaka.
Kasim, Ahmad & Mariona. (2017) .”Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Dalam Kemampuan Membaca Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ipa Man 1 Makassar”. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra 1 (2), 147-155.
DOI: https://doi.org/10.31571/eduindo.v1i1.4
DOI (DOWNLOAD PDF): https://doi.org/10.31571/eduindo.v1i1.4.g22
Refbacks
- There are currently no refbacks.
EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License