Keterampilan Berbahasa Reseptif Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kubu Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya

Netta Erlina, Muhammad Lahir, A A Alimin

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berbahasa reseptif pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kubu Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Sementara itu bentuk dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini ialah teknik observasi, tes dan wawancara. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, tes dan pedoman wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis data interaktif model menurut Miles dan Huberman (Sugiono). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan berbahasa reseptif pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kubu Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya meliputi: (1) bagaimanakah keterampilan menyimak peda siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kubu Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya; (2) bagaimanakah keterampilan membaca peda siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kubu Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Abdullah, R., (2016) Pembelajaran Dalam Perspektif Kreatifitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran. Lantania Jurnal, 1(4) 35-49.

Adiwira, S.P (2007) Komunikasi Reseptif Dalam Meningkatkan Belajar Anak. Jurnal Terakrditasi, Dirjen Dikti SK No 56/DIKTI/Kep/2005, 5(8), 1-14

Arifin Bustanul, dkk. (2017). Menyimak.Tangerang Selatan. Universitas Terbuka.

Chair, Abdul. (2014). Linguistik Umum. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Dalman H. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Elviana. Simarmata, M.Y & Hartati, M., (2021) Analisis Tindak Tutur Imperatif Bahasa Madura Halus Pada Santri Putri Di Pesantren AL-JIHAD Pontianak (Kajian Sosiopramatik). Edulndo Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 25-36.

Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Berbahasa Berbasis kompetensi. Jogjakarta : BPFE Yogyakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tarigan, Henry Guntur.. (2008). Membaca Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Wirdianti, T. Djuanda,D & Gusrayani,D. (2016) Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dengan Penerapan Model Pembelajaran Yang Di Dengar (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas IV SDN Sintang Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Jurnal Penata Ilmiah, 2 (1), 1-10.

Yim, Robert K. (2015). Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta : Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.31571/eduindo.v3i1.117

DOI (DOWNLOAD PDF): https://doi.org/10.31571/eduindo.v3i1.117.g127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_________________________
 
EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN: 2746-3729 (online)
IKIP PGRI PONTIANAK
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Jalan Ampera No. 88 Pontianak. Kalimantan Barat
Telp : (0561) 748219
Fax : (0561) 6589855

EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License