PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MARAU

Marsela Ilane, Muhammad Lahir, AA Alimin

Abstract


Penelitian Yang Berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Marau ”. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang “Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Marau Kabupaten Ketapang”. Penelitian menggunakan metode eksperimen ini bertujuan mengetahui gambaran yang jelas dalam penggunaan model pembelajaran group investigation dengan kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Marau Kabupaten Ketapang. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran group investigation dikategorikan cukup. Rata-rata hasil belajar siswa sesudah diterapkan model pembelajaran group investigation dikategorikan baik. Terdapat pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Marau Kabupaten Ketapang.

 Kata kunci: group investigation, menulis, teks anekdot.

Full Text:

Download PDF

References


Arikunto, Suharsini. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Gumelar, F., & Mulyati, Y. (2018). MEME: Dapatkah Meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot?. Fajar Gumelar. Hlm, 105-117. Tanggal 16 Maret 2021. 10.50 WIB

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Shoiminn, Aris. (2014). 68 Model pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Suprananto dan Kusaeri. (2012). Pengukuran dan Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suwandi, Sarwiji. (2018). Model Asesman Dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Vera, F., Agustina, R., & Alimin, A. A. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELASVII SMP. EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1).

Zuldrafrial. (2012). Penelitian Kuantitati. Yogyakarta: Yumas Media Perkasa.




DOI: https://doi.org/10.31571/eduindo.v2i1.105

DOI (Download PDF): https://doi.org/10.31571/eduindo.v2i1.105.g52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_________________________
 
EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN: 2746-3729 (online)
IKIP PGRI PONTIANAK
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Jalan Ampera No. 88 Pontianak. Kalimantan Barat
Telp : (0561) 748219
Fax : (0561) 6589855

EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License