Alih Kode dan Campur Kode Tuturan pada Kegiatan Belajar Mengajar Siswa SMP Negeri 2 Hulu Gurung Kabupaten Kapuas Hulu

Pramita Pramita, A A Alimin, Muhammad Thamimi

Abstract


Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bentuk alih kode, bentuk campur kode dan faktor penyebab terjadinya pada kegiatan belajar mengajar siswa SMP Negeri 2 Hulu Gurung Kabupaten Kapuas Hulu.Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif.Data dan sumber data berupa tuturan yang mengandung alih kode dan campur kode, sumber data diperoleh dari siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Hulu Gurung Kabupaten Kapuas Hulu yang berjumlah 30 orang siswa.Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, komunikasi langsung, simak bebas libat cakap (SBLC), dan dokumentasi.Alat pengumpul data yang digunakan adalah pedoman observasi langsung, catatan lapangan, pedoman wawancara, alat perekam suara, dan kamera.Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teori.Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil data yang diperoleh dari penelitian ini yakni ditemukan adanya bentuk alih kode intern dan ekstrn, serta ditemukan adanya bentuk campur kode berupa kata, frasa, idiom, baster, kata ulang, dan klausa. Faktor penyebab terjadinya alih kode tuturan disebabkan oleh penutur, lawan tutur, perubahan situasi, kehadiran orang ketiga, dan perubahan topik pembicaraan.Faktor penyebab terjadinya campur kode tuturan disebabkanidentifikasi peran, identifikasi ragam, dan keinginan untuk menjelaskan atau menafsirkan sesuatu.

Full Text:

Download PDF

References


Alimin, A.A (2016). Analisis Alih Kode Dan Campur Kode Tabloid Pulsa Rubrik Connect (Kajian Sosiolinguistik). Jurnal Pendidikan Bahasa, 5(1), 1-13.

Alimin, A. A dan Eti, R. (2021). Sosiolinguistik dalam Pengajaran Bahasa. Pontianak:Putra Pabayo Perkasa.

Aslinda, dan Leni, S. (2014). Pengantar Sosiolinguistik. Bandung:Refika Aditama.

Chaer, A. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A dan Leoni, A. (2014).Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Lapasau, M dan Zainal, A. (2016).Sosiolinguistik. Jakarta: Pustaka Mandiri.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Octaviani, R., & Sutriani, E. (2019).Analisis Data dan Pengecekan Keabsahan Data.

Ramaniyar, E., & Alimin, A. A. (2020).Pendekatan Kedwibahasaan dalam Pengajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas Rendah.JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 5(2), 118-122.

Suandi, I N. (2014).Sosiolinguistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarsono.(2017). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Thamimi, M., Sulissusiawa, A., & Syam, C. (2018). Campur Kode dan Interferensi Berbahasa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(12), 1-13.

Wijana, D. P dan Rohmadi, M. (2011). Sosiolinguistik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.31571/eduindo.v2i2.120

DOI (Download PDF): https://doi.org/10.31571/eduindo.v2i2.120.g98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_________________________
 
EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN: 2746-3729 (online)
IKIP PGRI PONTIANAK
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Jalan Ampera No. 88 Pontianak. Kalimantan Barat
Telp : (0561) 748219
Fax : (0561) 6589855

EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License