Analisis Konflik Tokoh Utama dalam Novel Jingga dan Senja Karya Esti Kinasih (Psikologi Sastra)

Hafiza Arzhim Jeffy, Netti Yuniarti, A A Alimin

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konflik internal, konflik eksternal dan upaya penyelesain konflik yang terdapat di dalam novel Jingga Dan Senja Karya Esti Kinasih. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif berbentuk kualitatif dengan pendekatan psikologi Sastra. Sumber data dalam penelitian ini adalah Novel Jingga Dan Senja Karya Esti Kinasih. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi dokumenter dan alat pengumpulan data adalah peneliti sendiri (sebagai instrumen kunci) dibantu dengan kartu pencatat untuk mengklasifikasi masalah yang diteliti. Teknik analisis data menggunakan teknik analisi isi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teori dan ketekunan pengamat. Berdasarkan hasil analisis data terhadap novel Jingga Dan Senja Karya Esti Kinasih, dapat disimpulkan bahwa terdapat konflik-konflik yang meliputi konflik internal yang terbagi dari rasa bersalah, rasa kecewa, rasa kesal, rasa takut, rasa marah, rasa benci dan rasa kaget.  konflik eksternal yang terbagi menjadi  konflik fisik dan konflik sosial serta upaya penyelesaian konflik yakni bergerak melawan orang lain.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Djumadin, H., & Bunga, R. D. (2020). Konflik Intenal dan Konflik Eksternal Tokoh Utama Dalam Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Buya Hamka. Retorika: Jurnal Pembelajran Bahasa dan sastra Indonesia, 1(2), 85-96.

Endaswara, Suwardi. (2013). Metodologi Penelitian Sastra. Jakarta: CAPS

Falah, U. A., Seli, S., & Heryana, N. (2022). Analisis Konflik Tokoh Utama Dalam Novel Revered Back Karya Inggrid Sonya. Jurnal pendidikan dan pembelejaran khatulistiwa, 11(1)

Kinasih, E. (2017). Jingga dan Senja.Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Maezuroh, R., & Sumartini, S. (2019). Konflik Interpersonal tokoh genduk dalam novel genduk karya sundari mardjuki kajian psikolinisasi sosial keren horney. Jurnal sastra Indonesia, 8(03), 229-233.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka setia

Minderop, Albertine. (2010). Psikologi Sastra: karya sastra,metode, teori, dan contoh kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Moleong, L,J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda.

Oktaviandari, N., Sulisusiawan, A., & Wartiningsih, A.(2015). Konflik Tokoh dalam Novel Charlie Si Jenius Dungu Karya Daniel Keyes. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(12).

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sulastri, S. (2019). Konflik Internal Tokoh Utama dalam Novel Hanum dan Rangga Karya Hanum Salsabiela Rais Dan Rangga Almahendra. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 14(02), 87-97.

Zuldafrial. (2011). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka




DOI: https://doi.org/10.31571/eduindo.v3i1.189

DOI (DOWNLOAD PDF): https://doi.org/10.31571/eduindo.v3i1.189.g125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_________________________
 
EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN: 2746-3729 (online)
IKIP PGRI PONTIANAK
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Jalan Ampera No. 88 Pontianak. Kalimantan Barat
Telp : (0561) 748219
Fax : (0561) 6589855

EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License