HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE NATURE LEARNING DENGAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 NGABANG

Authors

  • Fika Putri Dewi UPGRI Pontianak
  • Sri Kusnita UPGRI Pontianak
  • Netti Yuniarti UPGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/r9fgdf12

Abstract

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan metode nature learning dengan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Ngabang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Bentuk penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan bentuk studi hubungan.  Dari rumusan masalah penelitian yang diajukan, maka analisis data yang telah dilakukan dan pembahasan yang telah dikemukakan pada bab sebelumnya, dapat ditarik beberapa kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1).    Pengkategorian penggunaan metode nature learning, data menunjukkan distribusi jumlah siswa dalam berbagai interval nilai. Terdapat 6 siswa yang berada dalam interval tertinggi, yaitu 75-80, yang menunjukkan tingkat penggunaan metode nature learning yang paling tinggi. Interval 63-65 memiliki jumlah siswa terbanyak, yaitu 12 siswa, menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berada pada kategori nilai tersebut. Selanjutnya, terdapat 8 siswa pada interval 60-62, dan masing-masing 4 siswa pada interval 72-74, 69-71, dan 66-68. (2). Pengkategorian keterampilan menulis puisi, siswa dikelompokkan dalam beberapa interval nilai. Sebagian besar siswa, yaitu 10 orang, berada dalam interval 63-65, menunjukkan bahwa nilai ini paling sering muncul dalam kategori keterampilan menulis puisi. Di interval berikutnya, 9 siswa berada dalam kategori nilai 66-68. Sementara itu, 7 siswa berada di interval terendah, yaitu 60-62. Jumlah siswa yang mencapai nilai lebih tinggi, yakni dalam interval 75-80, adalah 3 siswa. (3). Dari data yang diambil dari 38 responden, koefisien korelasi Pearson antara kedua variabel adalah 0,347, yang mengindikasikan adanya hubungan positif yang signifikan. Nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,033 menunjukkan bahwa hubungan ini signifikan pada level 0,05 (dua sisi). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada keterkaitan yang berarti antara pemahaman konsep Natural Learning dan keterampilan menulis puisi, di mana peningkatan pada satu variabel berpotensi diikuti oleh peningkatan pada variabel lainnya.

Kata Kunci: Metode Nature Learning, Keterampilan Menulis Puisi

 

Downloads

Published

2024-12-21

Issue

Section

Vol.5 No.2 (2024)

How to Cite

HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE NATURE LEARNING DENGAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 NGABANG. (2024). EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 60-74. https://doi.org/10.31571/r9fgdf12