ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL KISAH UNTUK GERI KARYA ERISCA FEBRIANI (PENDEKATAN PSIKOLOGI)

Authors

  • Heti Purnama Sari IKIP PGRI Pontianak
  • Muhammad Thamimi IKIP PGRI Pontianak
  • Mesterianti Hartati IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/eduindo.v5i1.903

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Kisah Untuk Geri karya Erisca Febriani (Pendekatan Psikologi) yang pertama yaitu mendeskripsikan nilai tanggung jawab dalam novel Kisah Untuk Geri karya Erisca Febriani, yang kedua mendeskripsikan nilai peduli sosial dalam novel Kisah Untuk Geri karya Erisca Febriani dan yang ketiga mendeskripsikan nilai rasa ingin tahu dalam novel Kisah Untuk Geri karya Erisca febriani. Metode penelitian yang di gunakan  dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan psikologi.    Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah teknik studi dokumenter. Alat pngumpul data yang digunakan pada penelitian ini adalah peneliti dan kartu data. Penemuan peneliti berdasarkan sub fokus penelitian terdiri dari 3 penemuan pendidikan karakter yaitu nilai Tanggung Jawab, Peduli Sosial dan Rasa Ingin tahu.

Kata Kunci : Nilai Pendidikan Karakter, Novel, Pendekatan Psikologi

References

A, Teeuw. 2013. Sastra dan Ilmu Sastra : Pengantar Teori Sastra. Jakarta : PT. Dunia Pustaka Jaya.

Alimin, A. A., & Sulastri, S. (2018). Nilai keberanian dalam novel negeri di ujung tanduk karya tere liye. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 3(1), 1-5.

Hariyanto, dkk. (2020). Konsep dan Model Pembelajaran Karakter. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Harjana. (2012) . Metode Penelitian Sastra (BPK). Surakarta: Sebelas Maret UniversityPress.S

Primasari, D. (2016). analisis sosiologi sastra dan nilai pendidikan karakter.

Zubaedi.(2011). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Vol.5 No.1 (2024)

How to Cite

ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL KISAH UNTUK GERI KARYA ERISCA FEBRIANI (PENDEKATAN PSIKOLOGI). (2024). EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 64-78. https://doi.org/10.31571/eduindo.v5i1.903
Abstract viewed = 10 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>