Keterampilan Menulis Naskah Drama pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sungai Kakap

Marini Marini, Sulha Sulha, Mesterianti Hartati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Keterampilan Menulis Naskah Drama pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sungai Kakap berdasarkan plot, penokohan atau perwatakan, latar, dialog, serta amanat.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis isi (content analysis). Data yang digunakan adalah hasil kerja tulisan naskah drama. Sedangkan sumber data di dalam penelitian ini adalah naskah drama yang ditulis siswa. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, teknik pengukuran, dan teknik studi dokumenter. Berdasarkan hasil dikemukakan bahwa untuk aspek keseluruhan siswa mendapat nilai dengan kategori tergolong baik dengan rentang nilai antara 71 80 dengan indikator sebagai berikut: 1) Kemampuan menulis naskah drama siswa untuk aspek plot adalah paling banyak mendapat nilai dengan kategori cukup berjumlah 20 orang siswa dengan persentase 74%. 2) Kemampuan menulis teks naskah drama siswa untuk aspek penokohan atau perwatakan adalah paling banyak mendapat nilai dengan kategori baik berjumlah 23 orang siswa dengan persentase 85,2%. 3) Kemampuan menulis teks naskah drama siswa untuk aspek dialog adalah paling banyak mendapat nilai dengan kategori baik berjumlah 25 orang siswa dengan persentase 92,6%. 4) Kemampuan menulis teks naskah drama siswa untuk aspek latar adalah paling banyak mendapat nilai dengan kategori baik berjumlah 18 orang siswa dengan persentase 66,7%. 5) Kemampuan menulis teks naskah drama siswa untuk aspek amanat adalah paling banyak mendapat nilai dengan kategori kurang berjumlah 16 orang siswa dengan persentase 59,3%.

Full Text:

Download PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

_______ (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Delfanida, D. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama dengan Menggunakan Media Audiovisual Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Pekanbaru Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 521-532.

Hasanudin, W.S. 2009. Drama Karya Dalam Dua Dimensi. Bandung: Percetakan Angkasa.

IKIP PGRI PONTIANAK. Pedoman Operasional IKIP PGRI Pontianak Tahun Akademik 2017/2018. Pontianak: CV. Bola Mahkota.

Isnaini, I. (2016). Peningkatan keterampilan menulis naskah drama dengan strategi buku bergambar minim kata siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Imogiri, Bantul. Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia-S1, 5(10).

Kemendikbud. (2017). Bahasa Indonesia Untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Khoimah, N. (2011). Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIIIA MTs Ma’arif NU 1 Jatilawang Kabupaten Banyumas dengan Teknik Membuat Kerangka tulisan Berdasarkan Media Cerita Bergambar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Maesaroh, Imas. (2014). Peningkatan Pembelajaran Menulis Naskah Drama

Menggunakan Media Film Pendek Pada Siswa Kelas XI IPA SMA

Muhammadiyah I Lumajang Tahun 2013/2014. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2 (7): 627-635.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hartati, M. (2017). Analisis cerita pendek tugas mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia IKIP PGRI PONTIANAK. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(1), 116-127.

Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

_______. (2016). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-yogyakarta.

Oktari, D., Purwadi, A. J., & Amrizal, A. (2019). Kemampuan Menulis Teks Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(1), 1-8.

Permanasari, D. (2019). Kemampuan menulis teks drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Bandar Lampung. Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra, 1(1), 57-62.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwandi, Sarwiji. (2018). Model-Model Assesment Dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Utama.

Tarigan, Hendry Guntur. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Waluyo, Herman J. 2002. Drama: Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.

Zuldafrial. (2012). Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Media perkasa.




DOI: https://doi.org/10.31571/eduindo.v1i2.43

DOI (Download PDF): https://doi.org/10.31571/eduindo.v1i2.43.g43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_________________________
 
EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN: 2746-3729 (online)
IKIP PGRI PONTIANAK
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Jalan Ampera No. 88 Pontianak. Kalimantan Barat
Telp : (0561) 748219
Fax : (0561) 6589855

EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License