ANALISIS KEMAMPUAN MENYAJIKAN PUISI OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUNGAI KAKAP

Anggun Lestari, Mesterianti Hartati, Melia Melia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyajikan puisi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Kakap, dengan menggunakan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Kakap, yang terdiri dari kelas VIII B yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik pengukuran, teknik studi dokumenter. Alat pengumpul data yaitu lembar hasil wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data diketahui rata-rata dalam penelitian diperoleh dari jumlah skor pada setiap aspek penilaian dibagi jumlah siswa. Yang mana dari 21 siswa dalam aspek menulis puisi dengan jumlah skor 1.535 rata-rata nilai 73,09. Aspek membaca puisi dengan jumlah skor 1.260 rata-rata nilai 60,00. Berdasarkan hasil analisis data, kemampuan menyajikan puisi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Kakap, termasuk kategori kurang dengan persentase ketuntasan 28%. Hal ini dapat dilihat dari nilai keseluruhan rata-rata dalam menyajikan puisi adalah 66,23. Jadi dengan dilakukannya penelitian ini dapat mengetahui apa saja permasalahan yang ditemui pada saat menyajikan puisi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Kakap dengan kategori kurang.

Kata Kunci: Unsur Pembangun Puisi, Menulis, Membaca


Full Text:

Download PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Sinabariba, R. B. (2017, December). Peranan guru memilih model-model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi. In SEMINAR NASIONAL PGSD UNIMED (Vol. 1, No. 1).

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Studi Kasus. CV. Literasi Nusantara Abadi.

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya.

Mulyana, D. R. (2019). Pembelajaran Menyajikan Gagasan, Perasaan, Dan Pendapat Dalam Bentuk Teks Puisi Dengan Menggunakan Model Eksperiential Learning Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Lembaga Tahun Pelajaran 2018/2019. FKIP UNPAS.

Nawawi, Hadari. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48-60.




DOI: https://doi.org/10.31571/eduindo.v4i2.667

DOI (Download PDF): https://doi.org/10.31571/eduindo.v4i2.667.g208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_________________________
 
EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN: 2746-3729 (online)
IKIP PGRI PONTIANAK
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Jalan Ampera No. 88 Pontianak. Kalimantan Barat
Telp : (0561) 748219
Fax : (0561) 6589855

EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License