ANALISIS KOHESI LEKSIKAL PADA KARANGAN CERPEN SISWA KELAS XI IPS SMA IMMANUEL SINTANG (ANALISIS WACANA)

Desti Fitri Yanti, Elva Sulastriana, Melia Melia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kohesi leksikal pada karangan cerpen siswa kelas XI IPS SMA Immanuel Sintang (analisis wacana). penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata tertulis pada karangan cerpen siswa kelas XI IPS SMA Immanuel Sintang sedangkan sumber data dalam penelitian ini berupa karangan cerpen siswa. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan teknik komunikasi langsung dan teknik studi dokumenter sedangkan alat yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah pedoman wawancara, dokumentasi, dan kartu data. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik model interaktif. Hasil penelitian ditemukan bahwa karangan cerpen siswa kelas XI IPS SMA Immanuel Sintang merupakan wacana yang padu dan utuh karena didalamnya telah menggunakan unsur kohesi leksikal yang membangun wacana tersebut.

Kata Kunci: wacana, kohesi leksikal, cerpen.

Full Text:

Download PDF

References


Alimin, A. A. (2016). Analisis Wacana Lirik Lagu Bujang Nadi, Lagu Daerah Melayu Samba, Kalimantan Barat. Jurnal Pendidikan Bahasa. Vol. 3, No. 1, 31-42.

Azis, A. W. (2015). Pemarkah Kohesi Leksikal dan Kohesi Gramatikal. Dialektika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Matematika, 1(1), 71-85.

Chaer, Abdul. (2014). Linguistik Umum. Jakarta : Rineka Cipta.

Darma Yoce, Aliah. (2014). Analisis Wacana Kritis. Bandung : PT Refika Aditama.

Djadjasudarma, Fatimah. (2017). Wacana dan Pragmatik. Bandung : PT Refika Aditama.

Mihardja, Ratih. (2012). Sastra Indonesia. Jakarta : Laskar Aksara.

Palupi, Bida. (2011). Mengenal Kajian Wacana Bahasa Indonesia. Jakarta : CV Sahala Adidayatama.

Pernando, E., & Rahima, A. (2017). Analisis Kohesi Leksikal dalam Majalah Patriotik LPM Universitas Batang hari Edisi XVI Juli-September Tahun 2016. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 1-10.

Rusminto, Nurlaksana Eko. (2015). Analisis Wacana Kajian Teoritis dan Praktis. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sholekhah, S., & Sujinah, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Metode Field Trip Siswa Kelas IV MI Misbahul Adhim Pandean. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(1).

Sumarlam. (2009). Analisis Wacana Teori dan Praktek. Surakarta : Pustaka Cakra.

Suwandi, Sarwiji. (2011). Semantik Pengantar Kajian Makna. Yogyakarta : Media Perkasa.

Taufik, I. N., & Akhyar, K. (2018). Implementasi Media Flashcard pada Pembelajaran Menulis Karangan Persuasi Untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa Sma Kelas X Sma Tunas Baru Ciparay. Metamorfosis|Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 11(2), 34-43.

Zulaeha, Ida. (2013). Pembelajaran Menulis Kreatif. Surakarta : Yuma Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.31571/eduindo.v1i2.40

DOI (Download PDF): https://doi.org/10.31571/eduindo.v1i2.40.g42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_________________________
 
EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN: 2746-3729 (online)
IKIP PGRI PONTIANAK
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Jalan Ampera No. 88 Pontianak. Kalimantan Barat
Telp : (0561) 748219
Fax : (0561) 6589855

EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License