PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PIDATO PERSUASIF DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 1 SEKADAU HULU

Authors

  • Moni Monika
  • Mai Yuliastri Simarmata
  • Mesterianti Hartati

DOI:

https://doi.org/10.31571/eduindo.v1i1.27

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terutama dalam keterampilan berbicara pada siswakelas IX A SMP Negeri 1 Sekadau Hulu. Metode yang digunakan yaitu  metode deskriptif dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini  adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau dengan jumlah sampel  31 siswa dan 1 guru Bahasa Indonesia. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling .Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, tes untuk mengukur hasil belajar siswa dan dokementasi. Hasil pengolahan data  menunjukan bahwa dengan menggunakan strategi Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatakan keterampilan berbicara siswa dalam menyampaikan pidato persuasif pada kelas IX A SMP Negeri 1 Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau pada kegiatan siklus I dan siklus II . Peningkatan tersebut  dilihat berdasarkan tingkat ketuntasan hasil belajar pada pra siklus dengan nilai  presentase 22,58%, pada siklus I dengan presentase 61,29%, dan pada siklus II nilai rmeningkat  dengan hasil presentase 83,87% dengan demikian dapat dikategorikan dikategori  "sangat Baik” menunjukkan bahwa hasil peningkatan keterampilan berbicara menyampaikan pidato persuasif  sudah memperoleh nilai yang lebih baik dengan berdasarkan peningkatan dari siklus tersebut. Berdasarkan hasil pengamatan baik guru maupun siswa pada siklus II menunjukan perubahan atau peningkatan dalam keterampilan berbicara menyampaikan pidato persuasif menggunakan strategi Everyone Is A Teacher Here pada siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau pada setiap siklus.

Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Everyone Is A Teacher Here , keterampilan berbicara, pidato persuasif

References

Arikunto, Suharsimi dkk. (2015) Penelitian Tindakan Kelas. Jakartaa; Bumi Aksara.

______ (2015). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) & Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Alfulaila. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jogyakarta: Aswaja Pressindo.

Aisyah. (2011). Peningkatan Keterampilan Pidato Persuasi Dengan Media Barang Produk Siswa Kelas XII IPA MA Wahid Hasyim yogyakarta. Skripsi PBSI UNY.

Emzir. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif Dan Kualitatif . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

E.Kokasih.2018. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian, Balitbang, Kemdikbud, Hlm, 179-196.

_______(2018). Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya

Faizah, Umi. 2011.Pengantar Keterampilan Berbicara Berbasis Cooperative Learning Thinka Pair Share. Yogyakarta: Media Perkasa.

Hidayat. (2019). Strategi Pembelajaran Populer. Yogyakarta: DIVA Press.

Isnani. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Wates. Skripsi. PGSD. UNY.

Kundharu dan Slamet. (2014). Pembelajaran Keterampilan Bebasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusumah Wijaya dan Dedi Dwitagama. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Mai Yuliastri Simarmata, Q. (2017) Keterampilan Berbicara Menjadi Sebuah Profesi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 6 (1) 1-9.

Nejawati. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Menerapkan Metode Show And Tell Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah. 3 (2). 1-9

Paizaluddin dan Ermalinda. (2014). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) panduan teoritis dan praktis. Bandung: Alfabeta.

Prasetiyanto Aris, M (2011). Peningkatan Keterampilan Berpidato Persuasi Pada Siswa Kelas XI PM2 SMK Negeri 1 Depok, Sleman, Yogyakarta Melalui Metode Twenty Questons. Skripsi. FPBS UNY

Pratiwi. (2019). Pengembangan LKPD Menulis Teks Pidato Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa SMP Kelas IX. Skripsi. Bandar Lampung

Sabila Amy. (2015). Kemampuan Berpidato Dengan Metode Ekstempora. Jurnal pesona. Vol (1). 29-32siswa kelas XII IPS ma wahid hasyim yogyakarta. Skripsi. FPBS UNY

Syaiful dan Zain Aswan. (2013). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Sufanti.2012. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfebeta.

Suharyanti. (2011). Pengantar Keterampilan Berbicara. Suharkarta: Yuma Pustaka.

Suwandi. (2011). Model-Model Asesmen Dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Tarigan, Henry Guntur. 2015.Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa Bandung.

Trianto Agus, Dkk. (2018). Buku Guru Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Zuliani putri (2011) Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah vol (2) 66-67

Zuldafrial dan Muhammad Lahir. (2011). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Downloads

Published

2020-07-23

Issue

Section

Vol.1 No.1 (2020)

How to Cite

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PIDATO PERSUASIF DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 1 SEKADAU HULU. (2020). EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.31571/eduindo.v1i1.27
Abstract viewed = 1266 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>