ANALISIS KOHESI GRAMATIKAL PADA KARANGAN CERPEN SISWA KELAS XI IPS SMA WISUDA PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31571/eduindo.v1i2.32Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kohesi gramatikal pada karangan cerpen siswa kelas XI IPS SMA Wisuda Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi documenter, wawancara, dan tes. Data dalam penelitian ini adalah kalimat yang mengandung bentuk kohesi gramatikal pada karangan cerpen. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh karangan siswa yang berjumlah 16 orang. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan teknik model interaktif. Hasil penelitian ditemukan (1) bentuk kohesi gramatikal referensi persona, referensi demonstratif, referensi komparatif; (2) bentuk kohesi gramatikal subtitusi nomina, subtitusi verba, subtitusi klausa; (3) bentuk kohesi gramatikal ellipsis; (4) bentuk kohesi gramatikal konjungsi koordinatif, subkoordinatif, dan antar kalimat
Kata kunci: analisis wacana, kohesi, gramatikal, cerpen.
References
Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurlaksana, Eko Rusminto. (2015). Analisis Wacana: Kajian Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Satoto, Seodiro. (2012). Metode Penelitian Sastra. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sulastriana, Elva. (2015). Pengaruh Sikap Bahasa Terhadap Kesantunan Berbahasa Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Bahas. Vol. 4, No.1, 71-81.
Sumarlam. (2010). Analisis Wacana Teori dan Praktek. Surakarta: Pustaka Cakra.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This journal allows reuse and remixing of its content, in accordance with a CC BY SA 4.0. This license lets others distribute, remix, tweak, and build upon your work, even commercially, as long as they credit you for the original creation.