PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PIDATO PERSUASIF DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 1 SEKADAU HULU
DOI:
https://doi.org/10.31571/eduindo.v1i1.27Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terutama dalam keterampilan berbicara pada siswakelas IX A SMP Negeri 1 Sekadau Hulu. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau dengan jumlah sampel 31 siswa dan 1 guru Bahasa Indonesia. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling .Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, tes untuk mengukur hasil belajar siswa dan dokementasi. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa dengan menggunakan strategi Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatakan keterampilan berbicara siswa dalam menyampaikan pidato persuasif pada kelas IX A SMP Negeri 1 Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau pada kegiatan siklus I dan siklus II . Peningkatan tersebut dilihat berdasarkan tingkat ketuntasan hasil belajar pada pra siklus dengan nilai presentase 22,58%, pada siklus I dengan presentase 61,29%, dan pada siklus II nilai rmeningkat dengan hasil presentase 83,87% dengan demikian dapat dikategorikan dikategori "sangat Baik” menunjukkan bahwa hasil peningkatan keterampilan berbicara menyampaikan pidato persuasif sudah memperoleh nilai yang lebih baik dengan berdasarkan peningkatan dari siklus tersebut. Berdasarkan hasil pengamatan baik guru maupun siswa pada siklus II menunjukan perubahan atau peningkatan dalam keterampilan berbicara menyampaikan pidato persuasif menggunakan strategi Everyone Is A Teacher Here pada siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau pada setiap siklus.
Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Everyone Is A Teacher Here , keterampilan berbicara, pidato persuasif
References
Arikunto, Suharsimi dkk. (2015) Penelitian Tindakan Kelas. Jakartaa; Bumi Aksara.
______ (2015). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) & Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.
Alfulaila. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jogyakarta: Aswaja Pressindo.
Aisyah. (2011). Peningkatan Keterampilan Pidato Persuasi Dengan Media Barang Produk Siswa Kelas XII IPA MA Wahid Hasyim yogyakarta. Skripsi PBSI UNY.
Emzir. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif Dan Kualitatif . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
E.Kokasih.2018. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian, Balitbang, Kemdikbud, Hlm, 179-196.
_______(2018). Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya
Faizah, Umi. 2011.Pengantar Keterampilan Berbicara Berbasis Cooperative Learning Thinka Pair Share. Yogyakarta: Media Perkasa.
Hidayat. (2019). Strategi Pembelajaran Populer. Yogyakarta: DIVA Press.
Isnani. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Wates. Skripsi. PGSD. UNY.
Kundharu dan Slamet. (2014). Pembelajaran Keterampilan Bebasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kusumah Wijaya dan Dedi Dwitagama. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Mai Yuliastri Simarmata, Q. (2017) Keterampilan Berbicara Menjadi Sebuah Profesi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 6 (1) 1-9.
Nejawati. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Menerapkan Metode Show And Tell Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah. 3 (2). 1-9
Paizaluddin dan Ermalinda. (2014). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) panduan teoritis dan praktis. Bandung: Alfabeta.
Prasetiyanto Aris, M (2011). Peningkatan Keterampilan Berpidato Persuasi Pada Siswa Kelas XI PM2 SMK Negeri 1 Depok, Sleman, Yogyakarta Melalui Metode Twenty Questons. Skripsi. FPBS UNY
Pratiwi. (2019). Pengembangan LKPD Menulis Teks Pidato Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa SMP Kelas IX. Skripsi. Bandar Lampung
Sabila Amy. (2015). Kemampuan Berpidato Dengan Metode Ekstempora. Jurnal pesona. Vol (1). 29-32siswa kelas XII IPS ma wahid hasyim yogyakarta. Skripsi. FPBS UNY
Syaiful dan Zain Aswan. (2013). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Sufanti.2012. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfebeta.
Suharyanti. (2011). Pengantar Keterampilan Berbicara. Suharkarta: Yuma Pustaka.
Suwandi. (2011). Model-Model Asesmen Dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Tarigan, Henry Guntur. 2015.Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa Bandung.
Trianto Agus, Dkk. (2018). Buku Guru Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Zuliani putri (2011) Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah vol (2) 66-67
Zuldafrial dan Muhammad Lahir. (2011). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This journal allows reuse and remixing of its content, in accordance with a CC BY SA 4.0. This license lets others distribute, remix, tweak, and build upon your work, even commercially, as long as they credit you for the original creation.