KENDALA GURU BAHASA INDONESIA DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA DI KABUPATEN KUBU RAYA

Authors

  • Al Ashadi Alimin IKIP PGRI Pontianak
  • Sumiati Sumi IKIP PGRI Pontianak
  • Yuyun Safitri IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/wwe8yj71

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan tentang kendala atau permasalahan yang dirasakan Guru bidang studi bahasa indonesia dalam menerapkan pembelajaran berdifnsiasi di dalam kelas. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pedekatan kualitatif dengan bentuk deskriptif. Teknik dan alat penggumpulan data berupa teknik wawancara, dan studi dokumenter. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tiga kedala dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan tiga kendala dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi yang dirasakan pada Guru bidang Studi Bahasa Indonesia. Kendala yang dirasakan Guru pada perencanaan diantaranya Keterbatasan Waktu, Kurangnya Fasilitas, dan Kesulitan Menyesuaikan Kebutuhan Siswa. Sementara pada pelaksanaanya yaitu Kesulitan Guru dalam menertibkan siswa, Guru Masih meraba-raba dan Siswa kurang respon atau aktif. 

 

Downloads

Published

2025-01-10

Issue

Section

Vol.5 No.2 (2024)

How to Cite

KENDALA GURU BAHASA INDONESIA DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA DI KABUPATEN KUBU RAYA. (2025). EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 17-27. https://doi.org/10.31571/wwe8yj71