KENDALA GURU BAHASA INDONESIA DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA DI KABUPATEN KUBU RAYA
DOI:
https://doi.org/10.31571/wwe8yj71Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan tentang kendala atau permasalahan yang dirasakan Guru bidang studi bahasa indonesia dalam menerapkan pembelajaran berdifnsiasi di dalam kelas. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pedekatan kualitatif dengan bentuk deskriptif. Teknik dan alat penggumpulan data berupa teknik wawancara, dan studi dokumenter. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tiga kedala dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan tiga kendala dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi yang dirasakan pada Guru bidang Studi Bahasa Indonesia. Kendala yang dirasakan Guru pada perencanaan diantaranya Keterbatasan Waktu, Kurangnya Fasilitas, dan Kesulitan Menyesuaikan Kebutuhan Siswa. Sementara pada pelaksanaanya yaitu Kesulitan Guru dalam menertibkan siswa, Guru Masih meraba-raba dan Siswa kurang respon atau aktif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sumiati Sumi, Yuyun Safitri, Al Ashadi Alimin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal allows reuse and remixing of its content, in accordance with a CC BY SA 4.0. This license lets others distribute, remix, tweak, and build upon your work, even commercially, as long as they credit you for the original creation.