DAYA PRAGMATIK TINDAK TUTUR GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 GALING
DOI:
https://doi.org/10.31571/eduindo.v3i1.221Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan daya pragmatik tindak tutur ilokusi dan perlokusi guru dalam interaksi belajar mengajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Galing Kecamatan Galing Kabupaten Sambas. Metode dan bentuk yang digunakan adalah metode deskriptif dan bentuk kualitatif. Data penelitian ini adalah berupa kata-kata yang diucapkan oleh guru seperti tindak tutur ilokusi dan perlokusi yang mengandung unsur daya pragmatik serta kata-kata maupun efek yang diterima siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Galing, yang dikumpulkan dengan teknik simak bebas libat cakap, teknik catat, teknik wawancara, dan teknik observasi. Teknik anaisis data yang digunakan adalah menggunakan Model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat daya pragmatik tindak tutur ilokusi dan perlokusi, yaitu, 1) Daya pragmatik tindak tutur ilokusi guru dalam interaksi belajar mengajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Galing Kecamatan Galing Kabupaten Sambas, ditemukan tindak tutur ilokusi asertif menyatakan, direktif memerintah, direktif menyarankan, komisif berjanji, ekspresif berterima kasih, ekspresif mengucapkan selamat, ekspresif memuji, deklaratif memberikan maaf, dan deklaratif mengizinkan. 2) daya pragmatik tindak tutur perlokusi guru dalam interaksi belajar mengajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Galing Kecamatan Galing Kabupaten Sambas, ditemukan tindak tutur perlokusi mengganggu, mengurangi ketegangan, membesarkan hati, memengaruhi, menganjurkan, membingungkan, mengelikan hati, menarik, dan mengancam.
Kata Kunci: Tindak Tutur Ilokusi, Tindak Tutur Perlokusi, Daya Pragmatik
References
Adeline, T. (2016). Analisis Prioritas Nilai-nilai Karakter yang dibutuhkan Siswa Menurut Pandangan Siswa, Guru, dan Orang Tua. Skripsi Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta: tidak diterbitkan.
Adhiguna, P, dkk. (2019). Analisis Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI MIPA 7 SMA N 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Bakti Saraswati. 8 (2), 204-211.
Akbar, S. (2018). Analisis Tindak Tutur pada Wawancara Putra Nababan dan Presiden Portugal (Kajian Pragmatik). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1 (1), 27-38.
Faizah, S. N. (2017). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 1 (2),176-185.
Hariadi, T. (2014). Penggunaan Bahasa dalam Transaksi Jual Beli di Warung “Bude Sarmi” Jalan Surya Utama Jebres Surakarta (Sebuah Kajian Sosiolinguistik Lisan di Luar Kelas). Jurnal Pendidikan Bahasa. 3 (2), 253-266.
Haryono, S. (2017). Implikatur dan Daya Pragmatik dalam Seni Pertunjukan. Jurnal Institut Seni Indonesia Surakarta. 16 (2), 129-137.
Karim, dkk. (2019). Praanggapan dalam Pamflet Sosialisasi Pelestarian Lingkungan di Kabupaten Wakatobi. Jurnal Ilmu Budaya. 7 (2), 241-247.
Kurniasih, S.A. 2018. Daya Pragmatik Tindak Tutur Guru dalam Interaksi Belajar Mengajar Siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Sungai Raya. Skripsi Pontianak. IKIP-PGRI Pontianak: tidak diterbitkan.
Mahsun. (2019). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Rajawali Pers.
Moleong, L.J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Rohmadi, M. (2017). Pragmatik Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sardiman. (2020). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Supriyadi, S. (2011). Wacana Karikatur Indonesia. Surakarta: UNS Press.
Tarigan, H. G. (2015). Pengajaran Pragmatik. Bandung: CV Angkasa.
Yule, G. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zuldafrial dan Lahir. M. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This journal allows reuse and remixing of its content, in accordance with a CC BY SA 4.0. This license lets others distribute, remix, tweak, and build upon your work, even commercially, as long as they credit you for the original creation.