HUBUNGAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS  TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MEMPAWAH HULU

Authors

  • Pelagia Dea Universitas PGRI Pontianak
  • Hari UPGRI Pontianak
  • Dini UPGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/krseqg98

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan atau korelasi antara keterampilan menyimak berita dengan keterampilan menulis teks berita pada siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Mempawah Hulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Bentuk penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan bentuk studi hubungan. Populasi dalam desain ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mempawah Hulu. Dalam penelitian ini mengambil sampel acak dengan cara random sampling. Kelompok populasi yang akan Disebarkan angket hubungan keterampilan menyimak berita dan menulis teks berita yang akan diambil dari siswa siswi kelas  VIII A yang berjumlah 31 siswa Terdiri dari 16 siswi perempuan dan 15 siswa laki laki. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu, teknik pengukuran dan teknik studi dokumenter. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa paduan observasi, tes dan dokumentasi. Uji keabsahan instrumen yang digunakan dalam desain penelitian ini yaitu validitas dan relabilitas. Teknik mengolah data menggunakan statistik.perhitungan statistik yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah rumus mean dan analisis korelasi product momen.  Maka analisis data yang telah dilakukan dan pembahasan yang telah dikemukakan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1). Tingkat keterampilan menyimak berita siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Mempawah Hulu yakni nilai rata-rata 62,03 dengan kategori tinggi. (2). Tingkat keterampilan menulis teks berita siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Mempawah Hulu yakni nilai rata-rata 83,87 dengan kategori cukup. (3). Korelasi antara keterampilan menyimak berita dan keterampilan menulis teks berita pada 31 siswa. Hasil Pearson Correlation sebesar 0,362 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,046 menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara kedua variabel pada tingkat signifikansi 0,05.

Kata Kunci: keterampilan menyimak, keterampilan menulis, teks berita

 

 

Downloads

Published

2024-12-21

Issue

Section

Vol.5 No.2 (2024)

How to Cite

HUBUNGAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS  TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MEMPAWAH HULU. (2024). EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 43-59. https://doi.org/10.31571/krseqg98