IMPLEMENTASI LITERASI MEMBACA PUISI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 TAYAN HULU KABUPATEN SANGGAU
DOI:
https://doi.org/10.31571/eduindo.v5i1.613Abstract
Penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan Implementasi Literasi Membaca Puisi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau. Variabel dalam penelitian ini adalah implementasi literasi membaca puisi. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskritif dengan bentuk kualitiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, teknik komunikasi tidak langsung, dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil yang diproleh dalam penelitian ini yaitu Implementasi literasi membaca puisi pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau yang berupa:perencanaan, pelaksanaan, faktor yang mendukung dan menghambat implementasi literasi membaca puisi,dan evaluasi. Kata kunci: Implementasi, literasi membaca,puisi.References
DAFTAR PUSTAKA
Alamsyah, F. (2020). Pemakaian Majas di Antologi Puisi pada Ciptaan Sapardi Djoko Damono. Scolae: Journal of Pedagogy, 3(1), 19-26.
Dalman. (2014). Ketrampilan Membaca.Jakarta: PT Grafindo Persada.
Damaianti, Vismaia S. (2021). Literasi Membaca: Hasrat Memahami Makna Kehidupan. Bandung: PT Refika Aditama.
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif.Bandung: CV Alfabeta.
Downloads
Published
2024-06-25
Issue
Section
Vol.5 No.1 (2024)
License
This journal allows reuse and remixing of its content, in accordance with a CC BY SA 4.0. This license lets others distribute, remix, tweak, and build upon your work, even commercially, as long as they credit you for the original creation.
How to Cite
IMPLEMENTASI LITERASI MEMBACA PUISI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 TAYAN HULU KABUPATEN SANGGAU. (2024). EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 27-37. https://doi.org/10.31571/eduindo.v5i1.613