IMPLEMENTASI LITERASI MEMBACA PUISI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 TAYAN HULU KABUPATEN SANGGAU

Authors

  • Koresya Lotika IKIP PGRI Pontianak
  • Arni Arni IKIP PGRI Pontianak
  • Fitri Wulansari IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/eduindo.v5i1.613

Abstract

 Penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan Implementasi Literasi Membaca Puisi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Tayan Hulu Kabupaten Sanggau. Variabel dalam penelitian ini adalah implementasi literasi membaca puisi. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskritif dengan bentuk kualitiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, teknik komunikasi tidak langsung, dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil yang diproleh dalam penelitian ini yaitu Implementasi literasi membaca puisi pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau yang berupa:perencanaan, pelaksanaan, faktor yang mendukung dan menghambat implementasi literasi membaca puisi,dan evaluasi.  Kata kunci: Implementasi, literasi membaca,puisi. 

References

DAFTAR PUSTAKA

Alamsyah, F. (2020). Pemakaian Majas di Antologi Puisi pada Ciptaan Sapardi Djoko Damono. Scolae: Journal of Pedagogy, 3(1), 19-26.

Dalman. (2014). Ketrampilan Membaca.Jakarta: PT Grafindo Persada.

Damaianti, Vismaia S. (2021). Literasi Membaca: Hasrat Memahami Makna Kehidupan. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif.Bandung: CV Alfabeta.

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Vol.5 No.1 (2024)

How to Cite

IMPLEMENTASI LITERASI MEMBACA PUISI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 TAYAN HULU KABUPATEN SANGGAU. (2024). EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 27-37. https://doi.org/10.31571/eduindo.v5i1.613
Abstract viewed = 13 times