ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MATERI MENULIS PUISI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X TKJ 3 SMK NEGERI 1 TELUK KERAMAT
DOI:
https://doi.org/10.31571/eduindo.v4i2.256Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa materi menulis puisi pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X TKJ 3 Teluk Keramat, dan upaya mengatasi faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa materi menulis puisi pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X TKJ 3 Teluk Keramat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa materi puisi pada pembelajaran bahasa indonesia di kelas X TKJ 3 Teluk Keramat yaitu faktor internal dan ekstenal. Faktor internal berupa rendahnya minat dan motivasi belajar peserta didik, faktor kesehatan serta faktor intelegensi dan faktor eksternal yaitu faktor orang tua dan faktor guru: 2) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar materi puisi pada pembelajaran bahasa indonesia yaitu: Memberikan motivasi dan semangat kepada siswa, memusatkan perhatian siswa pada tugas-tugas tertentu, pengalihan sejenak akan pelajaran disaat siswa dalam keadaan bingung atau tertekan, membantu peserta didik dalam proses pembelajaran dan mengidentifikasi tingkah laku peserta didik yang mengatasi kesulitan belajar. Selanjutnya memperhatikan sifat, sikap dan gaya belajar peserta didik, kelengkapan tugas dan catatan pada materi pelajaran bahasa Indonesia.
References
Annurahman. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dalyono. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Oktavia, Windy. (2019). Analisis Kesulitan Menulis Puisi. Jurnal Pendidikan, 04(02),71.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Memepengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This journal allows reuse and remixing of its content, in accordance with a CC BY SA 4.0. This license lets others distribute, remix, tweak, and build upon your work, even commercially, as long as they credit you for the original creation.