PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS (OUTDOOR LEARNING) PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 16 PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31571/eduindo.v3i2.229Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan menulis puisi dengan metode pembelajaran di luar kelas (outdoor learning) pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 16 Pontianak berdasarkan kesesuaian tema, kesesuaian dalam berimajinasi, ketepatan diks dan kesesuaian gaya bahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik wawancara, dan teknik tes yaitu memberikan soal tentang materi menulis puisi bebas kepada siswa kelas VIII A. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat dikemukakan bahwa untuk materi keterampilan menulis puisi dengan menggunakan metode pembelajaran di luar kelas (outdoor learning) pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 16 pontianak mengalami peningkatan dan sudah mencapai KKM yang telah di tentukan oleh sekolah yaitu 78. Peningkatan ini dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata dan persentase peningkatan siswa sebelum dan sesudah tindakan. Sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata siswa adalah 72,12 dengan persentase 60,6%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai rata-rata 76,51 dengan siswa yang tuntas berjumlah 24 orang dengan persentase ketuntasan klasikal 72,72%. Selanjutnya meningkat menjadi 78,78% dengan 26 orang siswa yang tuntas pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,42.
Kata Kunci : Keterampilan menulis puisi
References
Anjellina, M., Halidjah, S., & Sabri, T. (2019). Pengaruh Penerapan Model Outdoor Learning Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Ardhana. (2017). Indikator Keaktifan Siswa Yang Dapat Dijadikan Penilaian dalam PTK.
Arikunto, (2016).Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Asrori, M., & Indihadii, D. (2018). Penggunaan Media Gambar Puzzle dalam Peningkatan Keterampilan Menulis di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru.
Citraningrum, D. M. (2016). “Menulis Puisi dengan Teknik Pembelajaran Yang Kreatif”. Belajar Bahasa Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa &Sastra Indonesia.
Dalman. (2020). Keterampilan Menulis. Depok: PT. RajaGranfindo Persada.
Fradita, T. E., & Sufanti, M. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Metode Pembelajaran Outdoor Pada Siswa Kelas Vii F Smp N 1 Teras (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Muawiyah, Dkk, Surastina, S., & Herlili, E. (2019). Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Pembangun Puisi Yang Dibaca Pada Siswa Kelas Viii Semester Ganjil Smp Negeri 1 Way Tuba Tahun Pelajaran 2018/2019. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 54-67.
Nawawi, D. A. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa (Penelitian Tindakan Kelas Tema Makananku Sehat dan Bergizi pada Kelas IV Sem Dua SDN 063 Kebon Gedang Kota Bandung Tahun pelajaran 2016/2017) (Doctoral dissertation, FKIP Unpas).
Pradopo, R. D. (2017). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Prama, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Alam Sekitar dengan Metode Pembelajaran di Luar Kelas Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Kerinci (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Pratidina, R. G., & Arifin, Z. (2018). Diksi dan Majas Dalam Kumpulan Puisi Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono Kajian Stilistika dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Di SMA (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Sugiyono, (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, CV.
Suparlan, S. (2021). Penguatan Pendididikan Karakter dengan Menggunakan Metode Imtaq dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah Dasar/MI. MASALIQ, 1(3), 17-32.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Widiasworo, E. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learning) secara Aktif, Kreatif, Inspiratif dan Komunikatif. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This journal allows reuse and remixing of its content, in accordance with a CC BY SA 4.0. This license lets others distribute, remix, tweak, and build upon your work, even commercially, as long as they credit you for the original creation.