IMPLEMENTASI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Yani Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Athiyyah Inaayah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Anastasya Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Kurikulum 2013, RPP, SMP

Abstract

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah dokumen perencanaan yang dibuat oleh guru sebelum kegiatan pembelajaran dimulai di kelas. Setelah itu, dengan pengenalan Kurikulum 2013, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, muncul kebutuhan yang lebih besar untuk RPP yang disusun dengan baik dan sesuai dengan fitur kurikulum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja komponen yang diperlukan untuk RPP yang sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013. Tidak ada angka statistik dalam penelitian ini karena ini adalah penelitian kualitatif. Di sebuah SMP swasta di kota Medan, peneliti berada di lokasi penelitian. Peneliti memeriksa dengan cermat, benar, dan tepat setiap bagian RPP yang dibuat oleh guru sesuai dengan fokus penelitian, pelaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. (RPP). Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap setiap guru terait mengenai RPP di sekolah tersebut, ditemukan bahwa setiap guru mata pelajaran harus menyiapkan RPP untuk setiap pertemuannya sesuai dengan materi yang akan diajarkan. RPP ini menurut mereka sangat penting untuk membantu mereka dalam melaksanakan pembelajaran secara efektif. Kurikulum 2013 yang diterapkan di sekolah ini juga menuntut para guru agar dapat membuat RPP yang sesuai tujuan pembelajaran Kurikulum 2013 seperti berpikir kritis maupun HOTS.

Author Biographies

  • Athiyyah Inaayah, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
    Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Anastasya Hasibuan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
    Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

References

Amin, I. (2020). Kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Implementasnya dalam Pembelajaran Matematika SMA. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 125-141.

Gustiansyah, K., et. al. (2020). Pentingnya Penyusunan RPP untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Belajar Mengajar di Kelas. Journal of Administrative Science, 81-94.

Harjanto. (1997). Perencanaan pengajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kusumastuti, A., et. al. (2016). Faktor-Faktor Penghambat Guru dalam Melaksanakan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Akuntansi di SMK Negeri 3 Surakarta. Jurnal "Tata Arta', 118-133.

Maesarah. (2023). Urgesi Penggunaan Rencana Proses Pembelajaran (RPP) dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar. Academica, 317-330.

Mulyasa, E. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2008). Implementasi KTSP, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Sulistiyani, P. S., et. al. (2021). Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (ROO) dalam Sekolah Dasar . CERDIK: Jurnal Ilmiah Indonesia, 146-156.

Yasin, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun RPP K 13 Melalui Pelaksanaan Kegiatan Lokakarya di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 48-57.

Downloads

Published

2024-04-19

Issue

Section

Vol. 1 No.2 (2024)

How to Cite

IMPLEMENTASI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. (2024). JPKM : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(2), 1-9. https://jurnal.fpbs.ikippgriptk.ac.id/index.php/jpkm/article/view/720
Abstract viewed = 49 times