AN ANALYSIS ON THE FACTORS AFFECTING UNDERGRADUATE STUDENTS’ DIFFICULTIES IN WRITING THESIS
DOI:
https://doi.org/10.31571/jelte.v2i2.55Keywords:
Factor Affecting Undergraduate, Students Difficulties, Writing ThesisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan mahasiswa S1 dalam penulisan skripsi pada mahasiswa semester IX IKIP-PGRI Pontianak tahun ajaran 2020/2021). Penelitian ini menerapkan desain penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Ada 40 mahasiswa semester sembilan yang berpartisipasi untuk mengumpulkan data primer. Penelitian yang dilakukan menggunakan teknik komunikasi tidak langsung dengan menggunakan alat bantu berupa kuesioner online (close-ended) yang terdiri dari 23 pertanyaan. Item kuesioner diadopsi dari Dwihandini (2013). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan tiga temuan dalam penelitian ini. Temuan pertama menunjukkan bahwa aspek yang paling dominan dalam faktor psikologis yang mempengaruhi kesulitan mahasiswa dalam menulis skripsi adalah harga diri. Temuan kedua menunjukkan aspek yang paling berpengaruh terhadap faktor sosial budaya adalah kompetensi komunikatif. Dan temuan terakhir menunjukkan analisis kesalahan tingkat merupakan faktor linguistik yang paling dominan yang mempengaruhi kesulitan mahasiswa dalam menulis tesis.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2021-09-29
Issue
Section
Vol.2 No.2 (September 2021)
License
This journal allows reuse and remixing of its content, in accordance with a CC BY SA 4.0. This license lets others distribute, remix, tweak, and build upon your work, even commercially, as long as they credit you for the original creation.How to Cite
AN ANALYSIS ON THE FACTORS AFFECTING UNDERGRADUATE STUDENTS’ DIFFICULTIES IN WRITING THESIS. (2021). Journal of English Language Teaching and Education (JELTE), 2(2), 10-19. https://doi.org/10.31571/jelte.v2i2.55