AN ANALYSIS ON THE FACTORS AFFECTING UNDERGRADUATE STUDENTS’ DIFFICULTIES IN WRITING THESIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan mahasiswa S1 dalam penulisan skripsi pada mahasiswa semester IX IKIP-PGRI Pontianak tahun ajaran 2020/2021). Penelitian ini menerapkan desain penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Ada 40 mahasiswa semester sembilan yang berpartisipasi untuk mengumpulkan data primer. Penelitian yang dilakukan menggunakan teknik komunikasi tidak langsung dengan menggunakan alat bantu berupa kuesioner online (close-ended) yang terdiri dari 23 pertanyaan. Item kuesioner diadopsi dari Dwihandini (2013). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan tiga temuan dalam penelitian ini. Temuan pertama menunjukkan bahwa aspek yang paling dominan dalam faktor psikologis yang mempengaruhi kesulitan mahasiswa dalam menulis skripsi adalah harga diri. Temuan kedua menunjukkan aspek yang paling berpengaruh terhadap faktor sosial budaya adalah kompetensi komunikatif. Dan temuan terakhir menunjukkan analisis kesalahan tingkat merupakan faktor linguistik yang paling dominan yang mempengaruhi kesulitan mahasiswa dalam menulis tesis.
Keywords
Factor Affecting Undergraduate, Students Difficulties, Writing Thesis
Full Text:
Download PDFDOI: https://doi.org/10.31571/jelte.v2i2.55
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Siti Rahmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JELTE:journal of english language and education is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License