AN ANALYSIS ON THE FACTORS AFFECTING UNDERGRADUATE STUDENTS’ DIFFICULTIES IN WRITING THESIS

Authors

  • Siti Rahmah IKIP-PGRI Pontianak
  • Finny Anita IKIP-PGRI Pontianak
  • Ageung Darajad IKIP-PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jelte.v2i2.55

Keywords:

Factor Affecting Undergraduate, Students Difficulties, Writing Thesis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan mahasiswa S1 dalam penulisan skripsi pada mahasiswa semester IX IKIP-PGRI Pontianak tahun ajaran 2020/2021). Penelitian ini menerapkan desain penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Ada 40 mahasiswa semester sembilan yang berpartisipasi untuk mengumpulkan data primer. Penelitian yang dilakukan menggunakan teknik komunikasi tidak langsung dengan menggunakan alat bantu berupa kuesioner online (close-ended) yang terdiri dari 23 pertanyaan. Item kuesioner diadopsi dari Dwihandini (2013). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan tiga temuan dalam penelitian ini. Temuan pertama menunjukkan bahwa aspek yang paling dominan dalam faktor psikologis yang mempengaruhi kesulitan mahasiswa dalam menulis skripsi adalah harga diri. Temuan kedua menunjukkan aspek yang paling berpengaruh terhadap faktor sosial budaya adalah kompetensi komunikatif. Dan temuan terakhir menunjukkan analisis kesalahan tingkat merupakan faktor linguistik yang paling dominan yang mempengaruhi kesulitan mahasiswa dalam menulis tesis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-29

Issue

Section

Vol.2 No.2 (September 2021)

How to Cite

AN ANALYSIS ON THE FACTORS AFFECTING UNDERGRADUATE STUDENTS’ DIFFICULTIES IN WRITING THESIS. (2021). Journal of English Language Teaching and Education (JELTE), 2(2), 10-19. https://doi.org/10.31571/jelte.v2i2.55