Nilai Moral dalam Novel “Guru Aini” Karya Andrea Hirata dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sastra

Authors

  • Anshori Arifin UNIVERSITAS PGRI PONTIANAK
  • Herlina Universitas PGRI Pontianak
  • Sri Kusnita Universitas PGRI Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui wujud dan bentuk nilai moral yang terdapat dalam novel “Guru Aini” karya Andrea Hirata dan untuk mengetahui relevansinya terhadap pembelajaran sastra di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif–kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan library reseach (studi kepustakaan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, wujud dan bentuk penyampaian nilai moral yang terdapat pada novel “Guru Aini” karya Andrea Hirata terdiri dari nilai moral tentang kejujuran dan pantang menyerah. Kedua, penyampaian oleh pengarang melalui beberapa tokoh baik secara langsung melalui beberapa kutipan langsung tentang nilai moral kejujuran dan pantang menyerah. Ketiga, dalam novel ini nilai moral kejujuran dan pantang menyerah sangat relevan dengan kurikulum merdeka sebagaimana yang termuat dalam ATP Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama semester 2.

References

Anindito, B., Ya, R., & Basalamah, R. (2019). Nilai-Nilai Moral Dalam Tokoh Utama pada Novel Satin Merah Karya Brahmanto Anindito dan Rie Yanti Moral Values In Main Characters In Satin Merin Novel. Telaga Bahasa, 7(2). https://www.researchgate.net/publication/338623433

Baharun, H., & Maryam, S. (2019). Building Character Education Using Three Matra of Hasan Al-Banna’s Perspective in Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 51–62.

Ermanto, & Emidar. (2018). Bahasa Indonesia : pengembangan kepribadian di perguruan tinggi. Raja Grafindo Persada.

Fadhilah Ginting, S., Evelyn Belva Saragih, C., & Febriana, I. (2023). Nilai Moral dalam Novel Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra SMP. Jurnal Bahasa & Sast Ra Indonesia, 3(1).

Mewar, M. R. A. (2021). KRISIS MORALITAS PADA REMAJA DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Perspektif, 1(2), 132–142.

Moleong, l. (2014). Metodologi Penelitian ualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhayati, E. S., Uswati, T. S., & Khuzaemah, E. (2022). Nilai Moral pada Novel Habibi Ya Nurul Ain Karya Maya Lestari GF Melalui Pendekatan Pragmatik dan Pemanfaatannya sebagai Video Pembelajaran. Jurnal Guru Indonesia, 2(1), 20–32. https://doi.org/10.51817/jgi.v2i1.219

Nurjanah, Yully Setyorini, & Cintya Nurika Irma. (2020). Islamic Early Childhood Education Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring AUD Pada Masa Pandemi Covid-19.

Nurul Liah, A., Maulana, F. S., Nur Aulia, G., Syahirah, S., Nurhaliza, S., Abdul Rozak, R. W., & Nurul Insan, N. (2023). Pengaruh media sosial terhadap Degradasi Moral Generasi Z. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 68–73.

Rahma, E. W., Ni’matul Muyassaroh, U., Siti, A., & Bahiyyah, F. (2022). Analisis Nilai Moral Pada Tokoh Utama Wanita Dalam Novel Cahaya Cinta Pesantren Karya Ira Madan. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 152–157.

Revalina, A., Moeis, I., & Indrawadi, J. (2023). Degradasi Moral Siswa-Siswi Dalam Penerapan Nilai Pancasila Ditinjau Dari Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1).

Rosyanti, O. S. (2017). NILAI MORAL DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR. Jurnal Diksatrasia, 1(2).

Saputri, W. (2017). Nilai Moral dalam Sinrilik Bosi Timurung Karya Salmah Djirong] Nilai Moral dalam Sinrilik Bosi Timurung Karya Salmah Djirong. Jurnal Bastra, 1.

Subur. (2016). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Perkembangan Jiwa Remaja. Tarbiyatuna, 7(2), 167–185.

Sujadi, E. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter Cerdas Format Kelompok Untuk Meningkatkan Nilai Kejujuran Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam (BKI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1).

Sunengsih, N. (2022). Penanaman Nilai Kejujuran Pada Anak di Lingkungan Keluarga. ISTIGHNA, 5(1).

Wiguna, M. Z., & Alimin, A. A. (2018). Analisis Nilai-Nilai Moral Dalam Cerita Rakyat Kalimantan Barat. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(1).

Wiyatmi. (2005). Pengantar Kajian Sastra. Pustaka Pelajar.

Zuriyah, N. (2011). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Prespektif Perubahan. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-12-18

Issue

Section

Vol.1 No.1 (2024)

How to Cite

Nilai Moral dalam Novel “Guru Aini” Karya Andrea Hirata dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sastra. (2024). JBS : Jurnal Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 1-10. https://jurnal.fpbs.ikippgriptk.ac.id/index.php/jbs/article/view/929