INTERAKSI SOSIAL DALAM NOVEL RAPIJALI KARYA DEE LESTARI
DOI:
https://doi.org/10.31571/eduindo.v4i2.675Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi sosial asosiatif dan disosiatif dalam novel Rapijali karya Dee Lestari serta implementasi Novel Rapijali karya Dee Lestari dalam hasil penelitian pembelajaran di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah novel Rapijali karya Dee Lestari. Data yang digunakan adalah bentuk kutipan interaksi sosial yang terdapat dalam novel Rapijali karya Dee Lestari. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik langsung. Alat pengumpul data yaitu peneliti sendiri yang menjadi instrument kunci. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis novel Rapijali karya Dee Lestari yaitu dengan cara membaca keseluruhan isi novel Rapijali, mengidentifikasi data berdasarkan rumusan masalah, mengelompokkan data menggunakan kartu pencatat data, membaca kembali data agar akurat, analisis data, dan menyimpulkan data yang telah dianalisis. Berdasarkan analisis data, penelitian ini dapat disimpulkan (1) interaksi sosial bentuk asosiatif, novel Rapijali karya Dee Lestari yaitu bentuk kerja sama yang ditandai dengan adanya kerja sama antara tokoh untuk mencapai tujuan bersama. Bentuk akomodasi ditandai dengan adanya pencegahan meledaknya perdebatan. Dan bentuk asimilasi ditandai dengan usaha untuk mengurangi perbedaan antara setiap tokoh. Dapat di jumlahkan data interaksi sosial asosiatif yaitu sebanyak 21 data. (2) interaksi sosial bentuk disosiatif novel Rapijali karya Dee Lestari yaitu bentuk persaingan ditandai dengan perbutan jabatan. Bentuk kontravensi ditandai dengan adanya hubungan tidak suka terhadap tokoh. Dan bentuk pertentangan atau pertikaian yang ditandai dengan adanya perbedaan pendapat serta perbedaan paham. Dapat di jumlahkan data interaksi sosial disosiatif yaitu sebanyak 19 data. Penelitian interaksi sosial pada novel Rapijali karya Dee Lestari ini dapat digunakan sebagai bahan ajar disekolah untuk SMA kelas XII pada semester II dengan kd 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel, dan 4.9 merancang novel atau novelet dengan memperhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulisan.
References
Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Amir, A. (2013). Sastra lisan Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Aunurrahman, 2014, Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Endraswara, Suwardi. 2003. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Jakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Pendidikan Sastra. Yogyakarta: CAPS
Faruk. (2012). Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Hamalik, Omar. 2021. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mahsun, 2014. Metode Penelitian Bahasa:Tahapan Strategi, Metode dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Press.
Moleong, Lexy. J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rodaskarya.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Nurul Mutia Ulfa. (2018) Interaksi Sosial Dalam Novel Padusi Karya Ka’bati: PGRI Sumatra Barat.
Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Penelitian Sastra: Teori, Metode, dan Teknik. Yoyakarta: Pustaka Pelajar.
Dee Lestari. 2021. Rapijali. Bandung: Bentang Pustaka.
Siswantoro. 2010. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan, Henry Guntur, 2009. Dasar-Dasar Kurikulum Bahasa. Bandung: Angkasa.
Wellek dan Warren. 2016. Teori Kesusastran. Jakarta: Gramedia.
Wahyuni Elizabeth. 2017. Analisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar Sebagai Sumbangan Materi Bagi Pengajaran Sastra. Universitas Muhammadiyah Palembang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This journal allows reuse and remixing of its content, in accordance with a CC BY SA 4.0. This license lets others distribute, remix, tweak, and build upon your work, even commercially, as long as they credit you for the original creation.