PENGGUNAAN MEDIA KOTAK AJAIB UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMPK VIRGO FIDELIS MAUMERE PADA MATERI TEKS PROSEDUR

Authors

  • Septian Kristoforus Sukardi IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Robertus Adi Sarjono Owon IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Muhammad Lautama IKIP Muhammadiyah Maumere

DOI:

https://doi.org/10.31571/eduindo.v3i1.233

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan media “Kotak Ajaib” terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMPK Virgo Fidelis Maumere. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif. Jenis penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas. Adapun prosedur penelian dilakukan dengan dua siklus yang masing-masing meliputi empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket dan tes. Adapun data penelitian ialah nilai hasil belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa nilai tertinggi 80 pada siklus I sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 96. Perolehan nilai terendah pada siklus I ialah 56, pada siklus II meningkat menjadi 70. Persentase daya serap pada siklus I 69 sedangkan siklus II meningkat menjadi 79. Demikian pula persentase ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 54% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Dalam pembelajaran respon siswa terhadap media sangat baik, media kotak ajaib menarik perhatian siswa, mudah digunakan, memotivasi, dan materi yang terdapat di dalam media kotak ajaib mudah dipelajari.

Author Biography

  • Septian Kristoforus Sukardi, IKIP Muhammadiyah Maumere
    Language Education

References

Sadiman, dkk. (2014). Media pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kharismayati Dwi. (2013). Penggunaan Metode Bermain Kotak Rahasia dalam Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Siswa Kelas I di Sekolah Dasar Negeri Bogor. Kabupaten Malang.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Adiatama.

Sari, Laily. (2016). Pengaruh Media Kotak Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sirait, Erlando dkk. (2020). Peningkatan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK dengan Pola Penyajian Saintifik Guru SMK Budhi Warman II Jakarta. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.03 Januari-Maret 2020 hal. 52-61.

Downloads

Published

2022-06-05

Issue

Section

Vol.3 No.1 (2022)

How to Cite

PENGGUNAAN MEDIA KOTAK AJAIB UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMPK VIRGO FIDELIS MAUMERE PADA MATERI TEKS PROSEDUR. (2022). EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 90-103. https://doi.org/10.31571/eduindo.v3i1.233
Abstract viewed = 220 times