PENGGUNAAN WEBTOON DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS VII-2 SMPN 17 BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.31571/eduindo.v3i1.112Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui hal apa saja yang bisa menumbuhkan keterampilan dan minat siswa dalam menulis teks narasi, (2) Untuk mengetahui media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran menulis teks narasi siswa kelas VII-2 di SMP Negeri 17 Bekasi tahun pelajaran 2020/2021, dan (3) Untuk mengetahui dan mengkaji gambaran mengenai penggunaan media webtoon Mera, Puti, dan Emas dalam pembelajaran menulis teks narasi siswa kelas VII-2 di SMP Negeri 17 Bekasi tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Aspek yang dinilai dalam menulis teks narasi berdasarkan rangsang gambar yaitu kesesuaian dengan gambar, organisasi isi, kesesuaian struktur teks narasi, ejaan dan tata tulis, serta ketepatan kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media webtoon Mera, Puti, dan Emas dapat meningkatkan kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VII-2 di SMP Negeri 17 Bekasi. Nilai rata-rata yang diperoleh secara umum, yaitu pada kategori baik (B) dengan nilai 84.
Kata Kunci: media webtoon, menulis, teks narasi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This journal allows reuse and remixing of its content, in accordance with a CC BY SA 4.0. This license lets others distribute, remix, tweak, and build upon your work, even commercially, as long as they credit you for the original creation.