PENGGUNAAN WEBTOON DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS VII-2 SMPN 17 BEKASI

Authors

  • Santi Aulia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Hindun Hindun

DOI:

https://doi.org/10.31571/eduindo.v3i1.112

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui hal apa saja yang bisa menumbuhkan keterampilan dan minat siswa dalam menulis teks narasi, (2) Untuk mengetahui media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran menulis teks narasi siswa kelas VII-2 di SMP Negeri 17 Bekasi tahun pelajaran 2020/2021, dan (3) Untuk mengetahui dan mengkaji gambaran mengenai penggunaan media webtoon Mera, Puti, dan Emas dalam pembelajaran menulis teks narasi siswa kelas VII-2 di SMP Negeri 17 Bekasi tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Aspek yang dinilai dalam menulis teks narasi berdasarkan rangsang gambar yaitu kesesuaian dengan gambar, organisasi isi, kesesuaian struktur teks narasi, ejaan dan tata tulis, serta ketepatan kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media webtoon Mera, Puti, dan Emas dapat meningkatkan kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VII-2 di SMP Negeri 17 Bekasi. Nilai rata-rata yang diperoleh secara umum, yaitu pada kategori baik (B) dengan nilai 84.

      Kata Kunci: media webtoon, menulis, teks narasi.

Downloads

Published

2022-06-03

Issue

Section

Vol.3 No.1 (2022)

How to Cite

PENGGUNAAN WEBTOON DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS VII-2 SMPN 17 BEKASI. (2022). EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 42-51. https://doi.org/10.31571/eduindo.v3i1.112
Abstract viewed = 111 times