PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELASVII SMP

Foti Vera, Rini Agustina, A A Alimin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan
keterampilan berbicara pada materi menceritakan kembali is legenda siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sebawi Kabupaten Sambas. Metode yang digunakan adalah metode experimental design, rancangan penelitian one group-pretest-postest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 siswa. Instrumen untuk mengukur hasil belajar dengan jumlah 1 soal. Dari hasil pengolahan data, diperoleh informasi bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen pretest adalah 62,71 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen posttest adalah 75,75. Berdasarkan uraian tersebut dari hasil uji-t didapat hasil perhitungan memperhitungkan (α)=5% atau 0,05 maka hipotesis diterima. Hal ini karena tingkat signifikan (α) atau thitung 5.492> ttabel. 2,068 hal ini berari Ha diterima, terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap keterampilan berbicara pada materi menceritakan kembali isi legenda. Hasil hitungan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 5.492 dan ttabel (α=5% dan db=n-24 siswa=23 sebesar 2,068 karena thitung pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap keterampilan berbicara pada materi menceritakan kembali isi legenda. Hasil hitungan Effect size Es> 1.8 = 1.8 > 1.0 = tergolong tinggi. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam keterampilan berbicara pada materi menceritakan kembali isi legenda siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sebawi Kabupaten Sambas.

Kata Kunci: Keterampilan Berbicara dan Menceritakan Kembali Isi Legenda


Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Alimin, A. A., Hariyadi, H., & Safrihady, S. (2017). Sikap Bahasa Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris terhadap Bahasa Indonesia. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(1), 36-40.

Nasucha, Yakub (2014). Bahasa Indonesia(untuk karya tulis ilmiah).Yogyakarta.Yuma Pressindo.

Nanang Heryana, D, L. (2017:112)” Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Di Smp Negeri 13 Pontianak, 2(6), 112-118.

Simarmata, M, Y. (2017:4) .“Keterampilan Berbicara Menjadi Sebuah Profesi”. Jurnal pendidikan bahas, 6(1), 1-9.

Tarigan, Guntur Henry. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung Angkasa.

Huda,M. (2013). Model Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono, (2013). Metode penelitian pendidikan(pendekatan kuantitatif kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabet.

Suharyanti. (2011). Pengantar Keterampilan Berbicara. Surakarta:Yuma Pustaka.

Kasim, Ahmad & Mariona. (2017) .”Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Dalam Kemampuan Membaca Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ipa Man 1 Makassar”. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra 1 (2), 147-155.




DOI: https://doi.org/10.31571/eduindo.v1i1.4

DOI (DOWNLOAD PDF): https://doi.org/10.31571/eduindo.v1i1.4.g22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




_________________________
 
EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN: 2746-3729 (online)
IKIP PGRI PONTIANAK
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Jalan Ampera No. 88 Pontianak. Kalimantan Barat
Telp : (0561) 748219
Fax : (0561) 6589855

EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License