KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKANKEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 01 SUNGAI PINYUH
DOI:
https://doi.org/10.31571/eduindo.v3i1.236Abstract
Hasil menulis puisi siswa rata-rata menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 01 Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah, jauh dan rendah dari KKM yang telah ditentukan sebelumnya adalah 75 khusus nya pada mata pelajaran Bahasa indonesia. Rendahnya nilai yang dicapai siswa dikarenakan kurangnya penggunaan model atau media pembelajaran yang menarik dan bisa mengembangkan ide atau imajinasi siswa. Ada banyak yang bisa menjadi media untuk membantu proses pembelajaran, dari sederhana ke kompleks, .Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian dengan mengumpulkan data-data atau fakta-fakta, atau metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindak kelas. Penelitian ini terdapat dua siklus dimana setiap siklus terdapat empat tahap yaitu, Tahapan Perencanaan, Tahapan Pelaksanaan, Tahapan Observasi, Tahapan Refleksi. Berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dan mengacu pada silabus yang ada. Maka peneliti melakukan penelitian di kelas X Mipa II SMA Negeri 01 Sungai Pinyuh yang berjumlah 27 orang siswa. Sebelum penelitian dilakukan secara langsung di lapangan, terlebih dahulu peneliti menyiapkan hal-hal yaitu menyusun instrumen dan rencana tindakan. Penelitian ini difokuskan pada penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui media gambar ada keterampilan menulis puisi di kelas X Mipa II SMA Negeri 01 Sungai Pinyuh, untuk mengetahui apakah dengan menggunakan media gambar ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran keterampilan menulis puisi kelas X Mipa II SMA Negeri 01 Sungai Pinyuh. Proses pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan media gambar pada siswa kelas X Mipa II SMA Negeri 01 Sungai Pinyuh pada siklus I berdasarkan hasil lembar observasi siswa diperoleh nilai persentase aktivitas sebesar 69% atau termasuk dalam cukup, hasil ini masih belum mencapai indikator keberhasilan sehingga perlu dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II nilai persentase aktivitas siswa sebesar 87% atau termasuk dalam kategori sangat baik, nilai tersebut sudah mencapai indikator keberhasilan untuk proses belajar siswa.
Kata Kunci: Menulis Puisi, Media Gambar
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi.dkk. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Dalman. (2010). Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: UM Lampug.
Laila, Vera, Nia. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Akrostik Berbaris Media Gambar Pahlawan Nusantara Universitas Jendral Soedirman, Indonesia.
Munaris & L. Nisa. K (2018) Apresiasi Puisi. Yogyakarta: Graha ilmu.
Nawawi, Hadari. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University, Indonesia.
Pradopo, Rachmat, Djoko. 2019. Pengkajian Puisi. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.
Riyanto, A. R. A., Suharto, V. T., & Wuyantoro, A. (2020). Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Brainwriting pada Siswa Sekolah Dasar.
Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 7(1). 53-64.
Subhan (2019) Pembelajaran menulis puisi Realitas Objektif Berbasis Multiple Intiligences. Pontianak: Pustaka rumah Aloy (PRA).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suhida. (2018). Apresiasi Sastra Indonesia dan Pembelajaranya. PT Remaja Rosdakarya.
Sumardi. (2018). Sastra Indonesia Lengkap. Tangerang Selatan: Tim Sastra Cemerlang.
Suparno dan Yunus, M. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tarigan, Hendry Guntur. (2010). Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: UM Lampug.
Yunus, dkk. (2017). Menulis I. Tangerang selatan: Universitas Terbuka.
Zulaeha, Ida (2019). Pembelajaran Menulis Kreatif Teori, Model, dan Implementasi. Surakarta: Yuma Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This journal allows reuse and remixing of its content, in accordance with a CC BY SA 4.0. This license lets others distribute, remix, tweak, and build upon your work, even commercially, as long as they credit you for the original creation.