KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKANKEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 01 SUNGAI PINYUH

fitri srihandayani, fitri srihandayani

Abstract


Hasil menulis puisi siswa rata-rata menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 01 Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah, jauh dan rendah dari KKM yang telah ditentukan sebelumnya adalah 75 khusus nya pada mata pelajaran Bahasa indonesia. Rendahnya nilai yang dicapai siswa dikarenakan kurangnya penggunaan model atau media pembelajaran yang menarik dan bisa mengembangkan ide atau imajinasi siswa. Ada banyak yang bisa menjadi media untuk membantu proses pembelajaran, dari sederhana ke kompleks, .Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian dengan mengumpulkan data-data atau fakta-fakta, atau metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindak kelas. Penelitian ini terdapat dua siklus dimana setiap siklus terdapat empat tahap yaitu, Tahapan Perencanaan, Tahapan Pelaksanaan, Tahapan Observasi, Tahapan Refleksi. Berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dan mengacu pada silabus yang ada. Maka peneliti melakukan penelitian di kelas X Mipa II SMA Negeri 01 Sungai Pinyuh yang berjumlah 27 orang siswa. Sebelum penelitian dilakukan secara langsung di lapangan, terlebih dahulu peneliti menyiapkan hal-hal yaitu menyusun instrumen dan rencana tindakan. Penelitian ini difokuskan pada penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui media gambar ada keterampilan menulis puisi di kelas X Mipa II SMA Negeri 01 Sungai Pinyuh, untuk mengetahui apakah dengan menggunakan media gambar ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran keterampilan menulis puisi kelas X Mipa II SMA Negeri 01 Sungai Pinyuh. Proses pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan media gambar pada siswa kelas X Mipa II SMA Negeri 01 Sungai Pinyuh pada siklus I berdasarkan hasil lembar observasi siswa diperoleh nilai persentase aktivitas sebesar 69% atau termasuk dalam cukup, hasil ini masih belum mencapai indikator keberhasilan sehingga perlu dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II nilai persentase aktivitas siswa sebesar 87% atau termasuk dalam kategori sangat baik, nilai tersebut sudah mencapai indikator keberhasilan untuk proses belajar siswa.

 

Kata Kunci: Menulis Puisi, Media Gambar


Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi.dkk. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Dalman. (2010). Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: UM Lampug.

Laila, Vera, Nia. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Akrostik Berbaris Media Gambar Pahlawan Nusantara Universitas Jendral Soedirman, Indonesia.

Munaris & L. Nisa. K (2018) Apresiasi Puisi. Yogyakarta: Graha ilmu.

Nawawi, Hadari. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University, Indonesia.

Pradopo, Rachmat, Djoko. 2019. Pengkajian Puisi. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.

Riyanto, A. R. A., Suharto, V. T., & Wuyantoro, A. (2020). Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Brainwriting pada Siswa Sekolah Dasar.

Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 7(1). 53-64.

Subhan (2019) Pembelajaran menulis puisi Realitas Objektif Berbasis Multiple Intiligences. Pontianak: Pustaka rumah Aloy (PRA).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhida. (2018). Apresiasi Sastra Indonesia dan Pembelajaranya. PT Remaja Rosdakarya.

Sumardi. (2018). Sastra Indonesia Lengkap. Tangerang Selatan: Tim Sastra Cemerlang.

Suparno dan Yunus, M. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, Hendry Guntur. (2010). Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: UM Lampug.

Yunus, dkk. (2017). Menulis I. Tangerang selatan: Universitas Terbuka.

Zulaeha, Ida (2019). Pembelajaran Menulis Kreatif Teori, Model, dan Implementasi. Surakarta: Yuma Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.31571/eduindo.v3i1.236

DOI (DOWNLOAD PDF): https://doi.org/10.31571/eduindo.v3i1.236.g132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_________________________
 
EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN: 2746-3729 (online)
IKIP PGRI PONTIANAK
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Jalan Ampera No. 88 Pontianak. Kalimantan Barat
Telp : (0561) 748219
Fax : (0561) 6589855

EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License