EFL Teachers’ Difficulties in Teaching Listening Comprehension

Authors

  • Novi Ernita INSTITUTE OF TEACHER TRAINING AND EDUCATION TEACHER ASSOCIATION OF THE REPUBLIC OF INDONESIA PONTIANAK
  • aunurrahman aunurrahman INSTITUTE OF TEACHER TRAINING AND EDUCATION TEACHER ASSOCIATION OF THE REPUBLIC OF INDONESIA PONTIANAK
  • Maliqul Hafis INSTITUTE OF TEACHER TRAINING AND EDUCATION TEACHER ASSOCIATION OF THE REPUBLIC OF INDONESIA PONTIANAK
  • Rahayu Meliasari INSTITUTE OF TEACHER TRAINING AND EDUCATION TEACHER ASSOCIATION OF THE REPUBLIC OF INDONESIA PONTIANAK

DOI:

https://doi.org/10.31571/jelte.v3i1.59

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi kesulitan guru Bahasa Inggris dalam mengajar pemahaman mendengar di SMA Negeri 1 Ketungau Hulu tahun akademik 2020/2021 dan untuk menemukan solusi dalam mengatasi kesulitan guru Bahasa Inggris dalam mengajar pemahaman listening. Penelitian ini mengimplementasikan sebuah rancangan penelitian deskriptif dalam metode kualitatif. Terdapat 3 guru Bahasa Inggris yang berpartisipasi untuk mengumpulkan data utama. Penelitian ini diterapkan dengan menggunakan sebuah teknik wawancara melalui panggilan telepon. Wawancara ini dimodifikasi dan diadopsi dari protocol Md, Rahman Saidur (2014) yang terdiri dari 6 pertanyaan. Penemuan penelitian ini mengidentifikasikan bahwa guru Bahasa Inggris SMA Negeri 1 Ketungau Hulu menghadapi kesulitan dalam menggunakan strategi untuk mengajar pemahaman mendengar, siswa-siswi kesulitan untuk fokus dengan pelajaran, pengeras suara atau media yang digunakan terkadang tidak berfungsi, buku atau materi-materi tidak selalu tersedia di sekolah, dan kesulitan dalam mengatur situasi kelas.

                                                      

Kata kunci: Kesulitan dalam Mengajar Mendengar, Menulis Skripsi

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-12

Issue

Section

Vol.3 No.1 (March 2022)

How to Cite

EFL Teachers’ Difficulties in Teaching Listening Comprehension. (2022). Journal of English Language Teaching and Education (JELTE), 3(1), 12-23. https://doi.org/10.31571/jelte.v3i1.59