AN ANALYSIS OF STUDENTS' INTEREST IN READING (A Descriptive Study to the 2nd Semester Students of English Education Program of IKIP PGRI Pontianak in the Academic Year of 2021/2022)

Eka - Riani, Citra - Kusumaningsih, Elly - Syahadati

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini bermaksud untuk melihat hasil minat baca siswa bahasa Inggris program studi pendidikan di IKIP PGRI Pontianak dan menemukan faktor-faktor yang mempengaruhinya minat baca siswa. Tujuan penelitian ini bermaksud untuk melihat hasil minat baca siswa bahasa Inggris program studi pendidikan di IKIP PGRI Pontianak dan menemukan faktor-faktor yang mempengaruhinya minat baca siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki minat membaca. Hal ini juga berkenaan dengan hasil wawancara. Hal ini terlihat dari aspek kesenangan yaitu mereka mengaku senang membaca, dibuktikan dengan siswa setuju bahwa membaca merupakan salah satu kegiatan yang paling menyenangkan, bahkan menurut tabel penelitian siswa memilih Tidak setuju jika mengatakan tidak suka membaca dan dari kebiasaan mereka yang masih menggunakan waktu luangnya untuk membaca sekitar 10-15 menit per hari, meskipun hampir semuanya lebih suka membaca buku-buku bergenre hiburan. Sebagian kecil dari mereka yang membaca buku pelajaran yang memiliki banyak manfaat. Namun, mereka akan membaca jika dosen memberikan tugas dan beberapa faktor yang mempengaruhi minat baca mereka adalah: kesadaran akan pentingnya membaca, motivasi membaca, bahasa, ketersediaan buku di perpustakaan, intensitas waktu membaca, persepsi, lingkungan, internet, dan sistem pembelajaran. Peneliti menyimpulkan bahwa siswa harus meningkatkan minat membaca mereka. Selain itu, dosen bisa membantu mereka untuk menumbuhkan minat membaca dengan memberikan mereka beberapa tugas yang membutuhkan banyak referensi dan banyak membaca, meminta mereka untuk membuat rangkuman, dan lain-lain.


Full Text:

Download PDF

References


References

Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hafis, M, Kusumaningsih, C.,& Wadi, N. (2020), The Effectiveness of Read, Cover, Remember, Retell, (Rerr) Strategy for Teaching Reading Comprehension. Journal of English Language Teaching and Education ,1-10

Khairuddin , Zurina, (2013). A Study of Students’ Reading Interest in a Second Language

International Education Studies, Vol. 6, No. 11, (Canada: Canadian Center of Science and Education).

Khasanah, R. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat membaca siswa kelas iv b SD negeri ngoto sewon bantul tahun ajaran 2014/2015. Yogyakarta: UNY.

Kurniawati, T (2016). Minat Membaca Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 227-238.

Maulidar, Vera. 2017. An Analysis of Students' Reading Interest at UIN Ar-raniry. Skripsi. Banda Aceh: UIN Ar- Raniry.

Skinner, B.F. (1984). The Evolution of Behavior. Journal: Harvard University.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriati.2012. Metode penelitian. Bandung: Labkat Press UNIKOM.

Prabha, Vig, &Komal Sharma, “Comparative Analysis of Influence of Gender on Reading Interest of Inservice and Pre-service Teachers,” The Criterion: An International Journal in English Vol. 5, Issue-I (February), 2014.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sinambela, Erika; Sondang Manik, Rotua Elfrida Pangaribuan. (2015). Improving Students’ Reading Comprehension Achievement by Using K-W-L Strategy: English Resarch, 4(3), 13-29.




DOI: https://doi.org/10.31571/jelte.v4i2.455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eka Riani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________________________
 
Journal of English Language Teaching and Education (JELTE)
ISSN: 2746-5012 (online)
IKIP PGRI PONTIANAK
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Jalan Ampera No. 88 Pontianak. Kalimantan Barat
Telp : (0561) 748219
Fax : (0561) 6589855

JELTE:journal of english language and education is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License