IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY BY USING PUZZLE AT MTSN 2 IN THE ACADEMIC YEAR 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31571/jelte.v4i1.308Abstract
Penelitian ini bertujuan buat mengetahui peningkatan dominasi kosakata bahasa Inggris siswa memakai teka-teki silang serta buat mengetahui impak penggunaan teka-teki silang pada proses pembelajaran. Penelitian ini memakai metode penelitian tindakan kelas. Peneliti melakukan penelitian di sebuah SMP di Kota Pontianak dan subjek dalam penelitian ini terdiri dari 36 siswa. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan daftar periksa observasi, catatan lapangan dan tes kosa kata, untuk mengetahui apakah ada kemajuan dari siswa dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris mereka. Penelitian ini dilakukan pada dua siklus. waktu siklus 1 rata-homogen nilai peserta didik 77,22 dan dikategorikan rendah atau kurang. lalu peneliti melanjutkan ke daur kedua dengan memakai langkah penelitian tindakan kelas serta peneliti lebih memfokuskan pada menarik perhatian peserta didik buat fokus di pembelajaran serta menyebutkan petunjuk pengerjaan teka teki silang. oleh sebab itu di siklus 2 nilai homogen-rata siswa semakin tinggi menjadi 80,69 dan berada pada kategori baik. Hal ini membagikan peningkatan penguasaan kosa istilah bahasa Inggris setelah menerapkan permainan teka-teki silang dalam proses pembelajaran di kelas. akibat penelitian ini menyimpulkan bahwa terjadi peningkatan dominasi kosa istilah peserta didik. keterlibatan siswa selama pelaksanaan teka-teki silang berjalan dengan baik, penerapan teka-teki silang serta tindakan pelengkap berhasil membantu peserta didik tahu kata-istilah baru dan belajar bahasa Inggris dengan lebih baik. Kesimpulannya, penguasaan kosa istilah peserta didik ditingkatkan melalui penerapan teka-teki silang.
Kata Kunci: Teka Teki Silang, Peningkatan Kosakata, Penelitian Tindakan di Kelas
Downloads
References
BIBLIOGRAPHY
Boonchom, S., Nuchwana, L., & Amorn, M. (2012). The Development of Standards, Factors, and Indicators for Evaluating the Quality of Classroom Action Research. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69, 220–226. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.402
Purohman, P. S. (n.d.). Classroom Action Research Alternative Research Activity for Teachers. 10.
Walcott, B. L., Corless, M. J., & Żak, S. H. (1987). Comparative study of non-linear state-observation techniques. International Journal of Control, 45(6), 2109–2132. https://doi.org/10.1080/00207178708933870
Nelson, E. C. (1998). Building Measurement and Data Collection into Medical Practice. Annals of Internal Medicine, 128(6), 460. https://doi.org/10.7326/0003-4819-128-6-199803150-00007
Beeckmans, R., Eyckmans, J., Janssens, V., Dufranne, M., & Van de Velde, H. (2001). Examining the Yes/No vocabulary test: Some methodological issues in theory and practice. Language Testing, 18(3), 235–274. https://doi.org/10.1177/026553220101800301
Tambaritji, V. N., & Atmawidjaja, N. S. (2020). Improving Students’ Vocabulary Mastery Using Crossword Puzzle. project (Professional Journal of English Education), 3(5), 588–596.
Hatch, Evelyn and Brown, Cheryl.1995. Vocabulary, Semantic, and Language Education. Cambridge: Cambridge University Press.
Case, Doug. 1994. English Puzzle 2. Heinmann Publisher: Oxford.