IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY BY USING PUZZLE AT MTSN 2 IN THE ACADEMIC YEAR 2022/2023

Authors

  • Abdu rahman IKIP PGRI Pontianak
  • Diah Astriyanti IKIP PGRI Pontianak
  • Dian Shinta Sari IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jelte.v4i1.308

Abstract

Penelitian ini bertujuan buat mengetahui peningkatan dominasi kosakata bahasa Inggris siswa memakai teka-teki silang serta buat mengetahui impak penggunaan teka-teki silang pada proses pembelajaran. Penelitian ini memakai metode penelitian tindakan kelas. Peneliti melakukan penelitian di sebuah SMP di Kota Pontianak dan subjek dalam penelitian ini terdiri dari 36 siswa. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan daftar periksa observasi, catatan lapangan dan tes kosa kata, untuk mengetahui apakah ada kemajuan dari siswa dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris mereka. Penelitian ini dilakukan pada dua siklus. waktu siklus 1 rata-homogen nilai peserta didik 77,22 dan  dikategorikan rendah atau kurang. lalu peneliti melanjutkan ke daur kedua dengan memakai langkah penelitian tindakan kelas serta peneliti lebih memfokuskan pada menarik perhatian peserta didik buat fokus di pembelajaran serta menyebutkan petunjuk pengerjaan teka teki silang. oleh sebab itu di siklus 2 nilai homogen-rata siswa semakin tinggi menjadi 80,69 dan  berada pada kategori baik. Hal ini membagikan peningkatan penguasaan kosa istilah bahasa Inggris setelah menerapkan permainan teka-teki silang dalam proses pembelajaran di kelas. akibat penelitian ini menyimpulkan bahwa terjadi peningkatan dominasi kosa istilah peserta didik. keterlibatan siswa selama pelaksanaan teka-teki silang berjalan dengan baik, penerapan teka-teki silang serta tindakan pelengkap berhasil membantu peserta didik tahu kata-istilah baru dan  belajar bahasa Inggris dengan lebih baik. Kesimpulannya, penguasaan kosa istilah peserta didik ditingkatkan melalui penerapan teka-teki silang.

Kata Kunci: Teka Teki Silang, Peningkatan Kosakata, Penelitian Tindakan di Kelas

Downloads

References

BIBLIOGRAPHY

Boonchom, S., Nuchwana, L., & Amorn, M. (2012). The Development of Standards, Factors, and Indicators for Evaluating the Quality of Classroom Action Research. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69, 220–226. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.402

Purohman, P. S. (n.d.). Classroom Action Research Alternative Research Activity for Teachers. 10.

Walcott, B. L., Corless, M. J., & Żak, S. H. (1987). Comparative study of non-linear state-observation techniques. International Journal of Control, 45(6), 2109–2132. https://doi.org/10.1080/00207178708933870

Nelson, E. C. (1998). Building Measurement and Data Collection into Medical Practice. Annals of Internal Medicine, 128(6), 460. https://doi.org/10.7326/0003-4819-128-6-199803150-00007

Beeckmans, R., Eyckmans, J., Janssens, V., Dufranne, M., & Van de Velde, H. (2001). Examining the Yes/No vocabulary test: Some methodological issues in theory and practice. Language Testing, 18(3), 235–274. https://doi.org/10.1177/026553220101800301

Tambaritji, V. N., & Atmawidjaja, N. S. (2020). Improving Students’ Vocabulary Mastery Using Crossword Puzzle. project (Professional Journal of English Education), 3(5), 588–596.

Hatch, Evelyn and Brown, Cheryl.1995. Vocabulary, Semantic, and Language Education. Cambridge: Cambridge University Press.

Case, Doug. 1994. English Puzzle 2. Heinmann Publisher: Oxford.

Downloads

Published

2023-03-25

Issue

Section

Vol.4 No.1 (March 2023)

How to Cite

IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY BY USING PUZZLE AT MTSN 2 IN THE ACADEMIC YEAR 2022/2023. (2023). Journal of English Language Teaching and Education (JELTE), 4(1), 12-20. https://doi.org/10.31571/jelte.v4i1.308