PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS X D SMA N I LEDO

Authors

  • ela lestari IKIP PGRI PONTIANAK
  • Mai Yuliastri Simarmata IKIP PGRI Pontianak
  • Sri Kusnita IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/eduindo.v5i1.911

Abstract

penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Puisi Menggunakan model pembelajaran eksplisit instruksi, yang diharapkan peneliti adalah peningkatan nilai kemahiran menulis teks puisi siswa menjadi lebih baik dan siswa banyak memperoleh yang sesuai dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan ke sekolah. tersebut. Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah menjadi komponen penting dalam upaya pengembangan kemahiran berbahasa yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi dengan baik secara lisan dan tulisan, peserta didik diharapkan mampu menghuraikan idea dan imajinasinya dalam bentuk kosa kata. Menulis merupakan kegiatan kebahasaan yang memainkan peranan penting dalam dinamika peradaban manusia. Dengan menulis manusia dapat melakukan komunikasi dan dengan melakukan kegiatan menulis seseorang dapat menyatakan pemikiran, perasaan, dan pendapat dalam bahasa tulis sehingga dapat difahami oleh pembaca. Seseorang boleh mahir dalam menulis tidak cukup hanya dengan menguasai teori saja, akan tetapi melalui proses belajar dan memerlukan ketelitian, kepaduan dan keruntutan, dan kelogisanantara kalimat yang lain. Kajian ini bermula dari tarikh 15 Mei hingga 31 Mei 2024 di kelas X SMA NI Ledo. Peneliti melakukan beberapa aktiviti dalam proses penyelidikan iaitu meminta izin kepada kepala sekolah SMA NI Ledo pada tarikh 15 Mei untuk melakukan pemerhatian.

 

Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Teks Puisi, Kosa Kata

 

Author Biography

  • ela lestari, IKIP PGRI PONTIANAK
    MAHASISWA

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asih. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Ceria.

Asih. (2021). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Cv Pustaka Setia.

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15-22.

Banjarnahor, Y. G., Sihombing, L. N., & Sijabat, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Tema 2 Subtema 1 Di Uptd Sd Negeri 122357 Jl. Jati Pematang Siantar. Nusra: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 899-906.

Benu, D. K., & Koeswanti, H. D. (2023). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Sinektik Dan Direct Instruction Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Gugus Joko Tingkir. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(4), 1954–1960.

Budiana, S., & Kamil, M. N. (2021). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X Sma Pgri 4 Kota Bogor. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, Dan Pembelajaran, 1(1), 52–64.

Cemerlang, S. (2018). Sastra Indonesia Lengkap. Tangerang Selatan: Cemerlang

Dalman, H. (2020). Keterampilan Menulis. Depok: Pt Rajagrafindo Persada.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.

Damayanti, D., M. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplana Siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Situbondo dengan Teknik Kons Kalimat. Jurnal Nosi. 3 (3), 376-387.

Fernanda, A., & Sukardi, E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Metode Sugesti Imajinasi Pada Siswa Kelas Iv. Jurnal Basicedu, 6(4), 7657–7663.

Harefa, D. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Pada Siswa Kelas X-Mia Sma Swasta Kampus Telukdalam. 1(1), 103-116.

Harmooni, M. F., Syahrul, R., & Basri, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Teknik Tiru Model Terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X Sman 4 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 58–64.

Hatmo, T. (2021). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Lakeisha. Jawa Tengah.

Paizaludin, & Ermalinda. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Bandung: Alfabeta.

Pitaloka, A. (2020). Seni Mengenal Puisi. Guepedia. The First On-Publisher In Indonesia

Pradopo, R, D. (2017). Pengkajian Puisi. Gadjah Mada: University Press Purwahida & Suhita. (2018). Apresiasi Sastra Indonesia dan Pembelajarannya. Bandung:

Pradopo, R, D. (2019). Pengkajian Puisi. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.

Romadhon, S. (2019). Manajerial Keterampilan Menulis: Kita Sukses Menulis Ragam Teks Fiksi. Pemekasa: Data Media Publising

Satinem. (2023). Apresiasi Puisi: Teori, Pendekatan dan Aplikasi. Grup Penerbitan CV Budi Utama. Yogyakarta.

Sugiyono, Dr. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Tindak. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning: Teori Dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suroto, S. (2015). Penggunaan Model Pembelajaran Explicit Instruction Dengan Trainer Plc Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Merakit Sistem Plc. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(3), 316.

Susilawati, L. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Pantun Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction Pada Siswa Kelas Vii Smp Shalom Bengkayang (Doctoral Dissertation, Ikip Pgri Pontianak).

Suwandi, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) & Penulis Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sadirman. (2011). Inteaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Tarigan. H.G. (2018). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Ula, N.N.N., Purwanti, P.D., Prasetya, T.A., Sumarni, W., & Marwoto, P. (2022). Persepsi Guru Terhadap Model Sinektik Dan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(3), 4619-4628.

Wijayanti, Y.A. (2022). Terampil Membaca Dan Menulis Puisi. Guepedia. The First On-Publisher In Indonesia.

Zuldafrial (2019). Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Yuma Pustaka.

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Vol.5 No.1 (2024)

How to Cite

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS X D SMA N I LEDO. (2024). EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 79-88. https://doi.org/10.31571/eduindo.v5i1.911
Abstract viewed = 24 times