KESANTUNAN BERBAHASA SISWA SMPN 25 PEKANBARU DALAM BERKOMUNIKASI DENGAN GURU

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/eduindo.v5i1.494

Abstract

Di lingkungan sekolah, siswa harus dapat mengontrol ucapan mereka. Hal ini karena lingkungan sekolah merupakan tempat mereka belajar dan membangun karakter. Namun pada kenyataannya masih ada beberapa siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan bahasa yang tidak sopan kepada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesantunan pada siswa kelas VII SMPN 25 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Materi penelitian berupa dialog dan diskusi antara siswa dengan temannya dan siswa dengan guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, teknik pencatatan dan wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pernyataan siswa mengikuti maksim kebijaksanaan, kemurahan hati, kedermawanan, maksim pengahargaan, maksim kesederhanaan, maksim permufakatan dan maksim kesimpatian.

Author Biography

  • Ester oktaviana siregar oktaviana ruben Siregar, pendidkan bahasa dan sastra indonesia
    -

References

Putri, E. C., Suwandi, S., & Mulyono, S. (2019). Ekspresi kesantunan berbahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah Gatak.

Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran, 6 (1), 1-15.

Rahadini, A. A., & Suwarna, S. (2014). Kesantunan berbahasa dalam interaksi

pembelajaran bahasa jawa di SMP N 1 Banyumas.

LingTera, 1(2), 136-144.

Rahardi, K. (2017). Linguistic impoliteness in the sociopragmatic perspective.

Humaniora, 29(3), 309.

Rahmiati, R. (2018). Analisis kesantunan berbahasa mahasiswa UIN Alauddin

Makassar dalam berkomunikasi dengan dosen. Al Daulah: Jurnal Hukum

Pidana dan Ketatanegaraan, 6 (1), 164-177.

Rakasiwi, A. R., Putrayasa, I. B., & Suandi, I. N. (2014). Penerapan prinsip kerja sama

dan prinsip kesantunan pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan pendekatan

saintifik oleh siswa kelas IV SD Jembatan Budaya. Jurnal Pendidikan dan

Pembelajaran Bahasa Indonesia, 3(1).

Cahayaningrum. F., Andayani., & Setiawan. B. (2018). Kesantunan berbahasa siswa dalam konteks negosiasi di sekolah menengah atas

Kanisisus.Febriasari. D., & Wijayanti. W . (2018). Kesantunan Berbahasa dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar

Jurnal Pena Indonesia, 4 (1).1-23.Dari, A. W., Chandra., & Sugiyati, M. S. (2017). Analisis kesantunan berbahasa pada kegiatan pembelajaran kelas VIII E SMPN 2 Kota Bengkulu tahun ajaran2016/2017.

Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(1), 10-21.Dwijawijaya. (1974). Sopan santun di dalam pergaulan

Leech, Geoffery. 1993.The Principles of Pragmatics. Alihbahasa. M.D.D. Oka Prinsip-

prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia.

Masfufah, Nurul. 2010. “Kesantunan Bentuk Tuturan di Lingkungan SMA Negeri 1Surakarta”. Program Magister Bahasa Indonesia. Universitas Sebelas Maret

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Vol.5 No.1 (2024)

How to Cite

KESANTUNAN BERBAHASA SISWA SMPN 25 PEKANBARU DALAM BERKOMUNIKASI DENGAN GURU. (2024). EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 50-63. https://doi.org/10.31571/eduindo.v5i1.494
Abstract viewed = 8 times