NILAI MORAL DALAM NOVEL CINTA 2 KODI KARYA ASMA NADIA

Iindawati Iindawati, Lizawati Lizawati, Urai Titin Hiswari

Abstract


 Pengkajian novel “Cinta 2 Kodi karya Asma Nadia” menggunakan pendekatan sosiologi sastra pendekatan sastra yang memperhitungkan pentingnya hubungan atau saling keterkaitan antara sastra dan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif berbentuk kualitatif artinya mendeskripsikan kata-kata, frasa, kalimat, maupun paragraf yang ada dalam novel. Hasil penelitian penunjukan di dalam novel “Cinta 2 Kodi karya Asma Nadia”mengandung nilai-nilai moral diantaranya; a. nilai moral yang berhubungan dengan diri sendiri mecakup mandiri, hemat, sabar, kejujuran dan pantang menyerah, b. nilai moral yang berhubungan dengan sesama manusia mencakup nilai: kasih sayang, keakraban, tolong menolong dan berbakti kepada orang tua. c. Nilai moral yang berhubungan dengan Tuhan dalam novel Cinta 2 Kodi mencakup beribadah, berdoa, dan bersyukur.

Kata Kunci: Nilai Moral, Sosiologi Sastra, Novel


Full Text:

Download PDF

References


Agiviana, Anisa Putri. (2015). Analisis Pengaruh Persepsi, Sikap, Pengetahuan dan Tempat Kerja Terhadap Perilaku Keselamatan Karyawan (Studi pada Perusahaan PT. Mulia Glass Container Division). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undip.

Alimin, A. A., & Sulastri, S. (2018). Nilai keberanian dalam novel negeri di ujung tanduk karya tere liye. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 3(1), 1-5.

Al-atsari, Y. (2007). Birul Walidain (Berbakti Kepada Kedua Orang Tua). Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i.

Amin, Maswardi Muhammad. (2012). Pedidikan Karakter Anak Bangsa. Jakarta: Baduose Media.

Hidayatullah, F. (2013). Guru Sejati Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka.

Lestari, Esi Lisa. (2013). Nilai Religius Dalam Novel Mihrab Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy. Pontianak: FKIP UNTAN.

Mustari, Mohammad. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nurgiyantoro, Burhan. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Salahudin dan Irwanto. (2013). Pendidikan Karakter. Bandung: Pustaka Setia.

Sriwilujeng, D. (2017). Panduan Implementasi Memuat Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga.

Tafsir, Ahmad. (2010). Pendidikan Karakter Perspektif Islami. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Taufiq, dan Rohmadi. (2011). Pendidikan Agama Islam (Pendidikan Agama Islam Berbasis Agama Islam). Surakarta: Yuma Pressindo.

Wijaya, I. S. (2013). Komunikasi Interpersonal dan Iklim Komunikasi. Jurnal Dakwah Tabligh, 14, 115-126.

zikri Wiguna, M., & Alimin, A. A. (2018). Analisis nilai-nilai moral dalam cerita rakyat Kalimantan Barat. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(1), 143-158.

Zubaedi. (2013). Pengembangan Masyarakat Wacana dan Praktek. Jakarta: Pustaka Kencana Prenada Media Group.

Zuriah, Nurul. (2011). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.31571/eduindo.v1i2.41

DOI (Download PDF): https://doi.org/10.31571/eduindo.v1i2.41.g41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_________________________
 
EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN: 2746-3729 (online)
IKIP PGRI PONTIANAK
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Jalan Ampera No. 88 Pontianak. Kalimantan Barat
Telp : (0561) 748219
Fax : (0561) 6589855

EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License