Penggunaan Media Sosial Webtoon dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Siswa SMKN 37 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.31571/eduindo.v3i2.331Abstract
Penelitian yang berjudul “Penggunaan Media Sosial Webtoon dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Siswa SMKN 37 Jakarta”. Penelitian ini bertujuan mengungkap bagaimana penggunaan media sosial webtoon dalam pembelajaran menulis teks cerpen siswa kelas XI Jasa Boga 3 SMKN 37 Jakarta, bagaimana hasil belajar dari penggunaan media sosial webtoon dalam pembelajaran menulis teks cerpen, dan bagaimana respon terhadap penggunaan dan hasil dari penggunaan media sosial webtoon dalam pembelajaran menulis teks cerpen. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Aspek yang dinilai dalam menulis teks cerpen berdasarkan rangsangan gambar yaitu kesesuaian isi teks cerpen, struktur teks cerpen, unsur intrinsik teks cerpen, ketepatan kata, serta ejaan dan tata tulis. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial webtoon dalam pembelajaran menulis teks cerpen menghasilkan kategori baik sekali (A) dengan nilai 86. Dengan merinci terdapat 15 siswa atau 41% memeroleh nilai baik sekali (A), 21 siswa atau 58% memeroleh nilai baik (B), tidak ada siswa yang mendapatkan nilai (C) dan (D). Penggunaan media sosial webtoon dalam pembelajaran menulis teks cerpen mendapatkan respon baik dari seluruh siswa. Respon yang baik ditunjukkan oleh seluruh siswa membuktikan bahwa dengan menggunakan media sosial webtoon dapat membantu siswa dalam menulis teks cerpen dengan baik.
References
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
Ridwanuddin, Dindin. Bahasa dan Sastra Indonesia MI/SD. Jakarta: UIN Jakarta Press, 2018.
Romadhon, Sahrul. Manajerial Keterampilan Menulis: Kiat Sukses Menulis Ragam Teks Fiksi dan Nonfiksi. Pamekasan: Duta Media, 2019.
Rukin. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, 2019.
Sugiarto, Eko. Mahir Menulis Cerpen Panduan Bagi Pelajar. Yogyakarta: Suaka Media, 2014.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
This journal allows reuse and remixing of its content, in accordance with a CC BY SA 4.0. This license lets others distribute, remix, tweak, and build upon your work, even commercially, as long as they credit you for the original creation.