UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SD INPRES MAGELO’O

Authors

  • Fatmawati Fatmawati IKIP MUHAMMADIYAH MAUMERE
  • Hendrika Lany IKIP MUHAMMADIYAH MAUMERE

DOI:

https://doi.org/10.31571/bc5nfx42

Abstract

Membaca yakni hal mendasar pada setiap individu dalam melaksanakan tahapan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan minat baca siswa di SDI Mageloo. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yakni analisis data interaktif Miles dan Huberman, yakni mencakup reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan simpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa minat baca siswa di SDI Mageloo masih rendah. Dengan demikian guru melakukan upaya: Pertama, pembiasaan melalui gerakan literasi sekolah, dengan cara membiasakan siswa dalam membaca selama 15 menit sebelum pembelajaran berlangsung. Kedua, memberikan tugas membaca kepada siswa.

 Kata Kunci: Upaya guru, Minat baca, Siswa.

References

Yamin, Akhmad. 2020. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di MIN 6 BARITO KUALA.

Luchiyati, Anjas & Rezania, Vanda. 2022. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas Dasar.

Miles dan Huberman. 2014. Qualitative Data Analysis: A Method Sourcebook Edition 3. USA: Sage Publication.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R & D. Bandung Alfabeta.

Siregar, A. R. (2004). Upaya meningkatkan minat baca siswa disekolah.

Darmono. (2001: 182). Upaya meningkatkan minat baca siswa disekolah.

Hardjoprakosa. (2005: 145). Dampak minat baca siswa.

Dalman. (2014:146). Dampak minat baca siswa.

Nurhadi. (2016). Upaya guru dalam meningkatkan minat baca siswa.

Downloads

Published

2025-01-10

Issue

Section

Vol.5 No.2 (2024)

How to Cite

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SD INPRES MAGELO’O. (2025). EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 11-16. https://doi.org/10.31571/bc5nfx42