ANALISIS KONFLIK TOKOH UTAMA DALAM NOVEL DAUN YANG JATUH TAK PERNAH MEMBENCI ANGIN KARYA TERE LIYE

Fitriani Fitriani, Dewi Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Konflik Tokoh Utama Dalam Novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan bentuk penelitian adalah kualitatif, pendekatan yang digunakan yaitu psikologi sastra. Sumber data dalam penelitian adalah Novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye. Data dalam penelitian ini adalah berupa kata dan kutipan yang mengandung konflik internal dan eksternal dalam Novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye. Teknik pengumpul data yang digunakan ialah teknik studi dokumenter. Alat pengumpul data yang digunakan adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama dan kartu data. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik kajian isi. Hasil penelitian ini meliputi : (1) Konflik Internal tokoh utama dalam novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye yang terjadi pada tokoh utama yaitu Tania dalam novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin disebabkan karena adanya pergejolakan batin yang terjadi dalam diri Tania. Adapun wujud konflik internal yang terjadi pada batin tokoh utama antara lain rasa bersalah, menghukum diri sendiri, kesedihan, dan cinta. (2) Konflik Eksternal yang terdapat dalam penelitian ini adalah konflik fisik dan konflik sosial yaitu, (a) konflik fisik berupa: kekerasan fisik, dan (b) konflik sosial berupa: kecemburuan, penindasan, dan perdebatan.

 

 

Kata kunci: konflik, tokoh utama, psikologi sastra.


Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Afifuddin, Saebani, B.A. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Anggara, M., & Sanulita, H. (2015). Klasifikasi Emosi Tokoh dalam Novel Sang Raja Jin Karya Irving Karchmar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(9).

Agustina, R. (2015). Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Catatan Malam Terakhir Karya Fitdya Taufiqurrahman. Jurnal Pendidikan Bahasa, 4(2), 253-263.

Astuti, R., E., Mujiyanto, Y., & Rhomadi, M. (2017). Analisis Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel Entrok Karya Okky Madasari Serta Relevensinya sebagai Materi Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 4(2), 175-187.

Endraswara, Suwardi. (2008). Metode Penelitian Psikologi Sastra Teori, Langkah dan Penerapannya. Yogyakarta: Medpres.

Darmariswara, R. (2018). Konsep Dasar Kesusastraan. Banyuwangi: LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi.

Ismail, dkk. (2012). Konflik Sosial Dalam Kumpulan Cerpen Perempuan Bawang Dan Lelaki Kayu Karya Ragdi F. Daye. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1(1):339-425.

Lina, L. (2016). KONFLIK TOKOH UTAMA DALAM NOVEL KOGOERU KIBA KARYA ASA NONAMI TINJAUAN STRUKTURAL (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).

Liye, T. (2020). Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Acngin. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Minderop, Albertine. (2010). Psikologi Sastra, Cetakan Kelima. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Moleong, L,J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhayati, E. (2019). Cipta Kreatif Karya Sastra. Bandung: Yrama Widya.

Nurgiyantoro, Burhan. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Utami, R. R., & Asih, M. K. (2016). Konsep Diri dan Rasa Bersalah Pada Anak Didik Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas IIA Kutoarjo. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 84-91.

Prastowo, A. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ratna, N. K. (2013). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ruminten, dkk. (2020). Struktur Intrinsik Novel Satyaning Ati Karya I Komang Alit Juliartha. Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra, 10(2), 120-128.

Rini, Y., Priyadi, T., & Salem, L. (2015). Analisis Konflik Eksternal dan Internal Tokoh Utama dalam Novel Macan Kertas Karya Budi Anggoro. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(2).

Saguni, Dkk. (2018). Klafikasi Emosi Tokoh Dalam Novel Maryam Karya Okky Madasari Kajian Psikologi Sastra Davif Krech. Jurnal Sri Risma. 3(1):123-124

Samsu. (2017). Metode Penelitian (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development). Jambi: Pustaka Jambi.

Satori, D., & Komariah, A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sehandi, Yohanes. (2018). Mengenal 25 Teori Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Septiana, A. (2020). Klasifikasi Emosi Tokoh Nathan dalam Novel Dear Nathan Karya Erisca Febriani: Kajian Perspektif David Krech: Nathan’s Emotion Classification in The Novel Dear Nathan By Erisca Febriani: Study of David Krech’s Perspective. Jurnal Bastrindo, 1(1), 17-31.

Simarmata, M. Y. (2015). Analisis Konflik Tokoh Utama Dalam Roman Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Buya Hamka. Jurnal Pendidikan Bahasa, 4(1), 111-124.

Sulastri, Saptiana. (2019). Konflik Internal Tokoh Utama Dalam Novel Hanum Dan Rangga Karya Hanum Salsabiela Rais Dan Rangga Almahendra. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 14(02), 87-97.

Sussan, N. (2014). Pengantar Sosiologi Konflik dan Isu-isu Kontemprorer. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alvabeta.

Wahyuningtyas, S. & Santosa, W. H. (2011). Sastra: Teori dan Implementasi. Surakarta: Yuma Pustaka.

Wekke, I.S. (2019). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gawe Buku.

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.




DOI: https://doi.org/10.31571/eduindo.v3i2.244

DOI (DOWNLOAD PDF): https://doi.org/10.31571/eduindo.v3i2.244.g158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_________________________
 
EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN: 2746-3729 (online)
IKIP PGRI PONTIANAK
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Jalan Ampera No. 88 Pontianak. Kalimantan Barat
Telp : (0561) 748219
Fax : (0561) 6589855

EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License