Penggunaan Video Motion Graphic dalam Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VII-2 SMPN 17 Bekasi

Authors

  • Aulia - Tartila Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Mahsusi - Mahsusi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31571/eduindo.v2i2.113

Abstract

Penelitian yang berjudul “Penggunaan Video Motion Graphic dalam Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII-2 SMPN 17 Bekasi”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan siswa di kelas dalam pembelajaran menulis teks persuasi, mengetahui penggunaan video motion graphic dalam pembelajaran menulis teks persuasi siswa kelas VIII-2 di SMP Negeri 17 Bekasi, dan mengetahui hasil belajar dari penggunaan media video motion graphic dalam pembelajaran menulis teks persuasi siswa kelas VIII-2 di SMP Negeri 17 Bekasi tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Aspek yang dinilai dalam menulis teks persuasi berdasarkan rangsangan audio visual, yaitu kesesuian isi teks persuasi, struktur teks persuasi, organisasi isi, ketepatan kata, serta ejaan dan tata tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengggunaan media video motion graphic pada kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII-2 di SMP Negeri 17 Bekasi memperoleh nilai rata-rata secara umum, yaitu pada kategori baik (B). Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian dalam analisis data siswa. Hasilnya terdapat empat siswa memperoleh nilai pada kategori (A), 15 siswa memperoleh nilai pada kategori (B), dua siswa  memperoleh nilai pada kategori (C), dan tidak ada siswa yang memperoleh nilai pada kategori (D).

 

Kata Kunci: media video motion graphic, menulis, teks persuasi.

 

 

References

Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan Mode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosida Karya, Cet. 1, 2011.

Beatrix, Chendy Jeane. (2016). Desain Motion Graphic Pahlawan Nasional DR. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi. Skripsi diterbitkan. Tangerang: Universitas Multimedia Nusantara

Candralaela, Fitriyani, dkk. (2018). Penerapan Video Pembelajaran untuk Peningkatan Kompetensi Pekerjaan Sosial pada Peserta Didik di SMKN 15 Bandung. Jurnal Family Edu. (online), Vol IV, No. 2, (https://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu/article/view/13686/7934, diakses 12 Oktober 2021)

Hindun. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berkarakter di Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Depok: Nufa Citra Mandiri.

Kusmana, Suherli. (2014.). Kreativitas Menulis. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Ngalimun. (2017). Kapita Selekta Pendidikan: Pembelajaran dan Bimbingan. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Downloads

Published

2021-12-18

Issue

Section

Vol.2 No.2 (2021)

How to Cite

Penggunaan Video Motion Graphic dalam Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VII-2 SMPN 17 Bekasi. (2021). EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 24-33. https://doi.org/10.31571/eduindo.v2i2.113
Abstract viewed = 140 times