PENGGUNAAN WEBTOON DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS VII-2 SMPN 17 BEKASI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui hal apa saja yang bisa menumbuhkan keterampilan dan minat siswa dalam menulis teks narasi, (2) Untuk mengetahui media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran menulis teks narasi siswa kelas VII-2 di SMP Negeri 17 Bekasi tahun pelajaran 2020/2021, dan (3) Untuk mengetahui dan mengkaji gambaran mengenai penggunaan media webtoon Mera, Puti, dan Emas dalam pembelajaran menulis teks narasi siswa kelas VII-2 di SMP Negeri 17 Bekasi tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Aspek yang dinilai dalam menulis teks narasi berdasarkan rangsang gambar yaitu kesesuaian dengan gambar, organisasi isi, kesesuaian struktur teks narasi, ejaan dan tata tulis, serta ketepatan kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media webtoon Mera, Puti, dan Emas dapat meningkatkan kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VII-2 di SMP Negeri 17 Bekasi. Nilai rata-rata yang diperoleh secara umum, yaitu pada kategori baik (B) dengan nilai 84.
Kata Kunci: media webtoon, menulis, teks narasi.
Full Text:
DOWLOAD PDFDOI: https://doi.org/10.31571/eduindo.v3i1.112
DOI (DOWLOAD PDF): https://doi.org/10.31571/eduindo.v3i1.112.g128
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License