PENGGUNAAN WEBTOON DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS VII-2 SMPN 17 BEKASI

Santi Aulia, Hindun Hindun

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui hal apa saja yang bisa menumbuhkan keterampilan dan minat siswa dalam menulis teks narasi, (2) Untuk mengetahui media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran menulis teks narasi siswa kelas VII-2 di SMP Negeri 17 Bekasi tahun pelajaran 2020/2021, dan (3) Untuk mengetahui dan mengkaji gambaran mengenai penggunaan media webtoon Mera, Puti, dan Emas dalam pembelajaran menulis teks narasi siswa kelas VII-2 di SMP Negeri 17 Bekasi tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Aspek yang dinilai dalam menulis teks narasi berdasarkan rangsang gambar yaitu kesesuaian dengan gambar, organisasi isi, kesesuaian struktur teks narasi, ejaan dan tata tulis, serta ketepatan kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media webtoon Mera, Puti, dan Emas dapat meningkatkan kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VII-2 di SMP Negeri 17 Bekasi. Nilai rata-rata yang diperoleh secara umum, yaitu pada kategori baik (B) dengan nilai 84.

      Kata Kunci: media webtoon, menulis, teks narasi.


Full Text:

DOWLOAD PDF


DOI: https://doi.org/10.31571/eduindo.v3i1.112

DOI (DOWLOAD PDF): https://doi.org/10.31571/eduindo.v3i1.112.g128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_________________________
 
EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN: 2746-3729 (online)
IKIP PGRI PONTIANAK
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Jalan Ampera No. 88 Pontianak. Kalimantan Barat
Telp : (0561) 748219
Fax : (0561) 6589855

EduIndo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License